• News

  • Kuliner

Ayam EGP, Kelezatan Cita Rasa Nusantara yang Tersembunyi

Ayam EGP dengan aneka sambal.
NNC/Christophorus Aji Saputro
Ayam EGP dengan aneka sambal.

JAKARTA, NNC - Kelezatan cita rasa nusantara yang tersembunyi! Rasanya itu merupakan ungkapan yang pas ketika menggambarkan resto bernama Seafood dan Ayam EGP yang berlokasi di Boulevard Raya Blok QF 1 Nomor 1, Kelapa Gading, Jakarta. Kok bisa? Tersembunyi, sebab resto yang berdiri sejak 2017 dan akrab disebut Resto Ayam EGP ini berada di area basement yang disulap menjadi sebuah lokasi yang nyaman untuk bersantap ria bersama teman, kerabat, hingga keluarga tercinta.

Meski lokasi yang dipilih terkesan kurang terlihat dari jalan besar, tetapi sang empunya resto, Robby Yahya, rupanya tak kehabisan akal. Agar masyarakat dapat mengetahui keberadaan restonya itu, ia memasang banner dan logo Resto Ayam EGP berukuran besar di sekitar pintu masuk basement tersebut, yang satu gedung dengan Rumah Makan Padang dan karaoke keluarga Happy Puppy 2.

Lantas, kelezatan apa saja yang disuguhkan Resto Ayam EGP? Sesuai dengan namanya, hidangan berbahan baku daging ayam menjadi unggulannya. Mulai dari Ayam Kremes, Geprek, dan Bakar, yang diolah sedemikian rupa dengan cita rasa nusantara bisa Anda nikmati dalam beberapa menu pilihan paket yang terdiri dari Paket EGP Kampung Asli, Paket EGP Negeri, Paket EGP Murah, dan Paket EGP Cuex Negeri.

"Untuk daging ayamnya kami menggunakan daging ayam kampung asli dan daging ayam negeri dengan kualitas terbaik. Kalau soal harga paket ayam, kami ada di rentang harga dari Rp18 ribu sampai Rp169 ribu. Nah, di beberapa paket menu ayam itu nanti juga didampingi sayur asem yang rasanya mantap banget deh. Belum lagi sambalnya, ada Sambal Petir, Sambal Gledek, Sambal EGP, dan Sambal Badai. Pokoknya nanti dicoba sendiri deh," ungkap Robby kepada NNC seraya tersenyum di lokasi Resto Ayam EGP, Kamis (17/1/2019).

Untuk menu berbasis ayam yang menjadi jagoannya, NNC sempat menjajal Paket EGP Kampung Asli (Geprek) dan Paket EGP Negeri (Kremes). Saat potongan daging ayam mulai dikolaborasikan dengan cocolan sambal yang tersedia, cita rasa khas nusantaranya begitu kental terasa di lidah. Apalagi ketika dicocol pada sang sambal. Hhmmm... tekstur empuknya daging ayam berbalur sempurna bersama nasi putih hangat yang ditutup dengan seruputan segarnya kuah Sayur Asem.

"Sebelum diolah, baik itu ayam kampung atau pun ayam negeri kami ungkep dulu bersama dengan bumbu khusus, rempah-rempah khas Indonesia pastinya. Terus sebelum digoreng, ayam yang sudah diungkep tadi kami rendam bumbu lagi. Kenapa? Agar setelah digoreng semua bumbu bisa meresap ke seluruh bagian potongan daging ayam, jadi nggak cuma di dagingnya aja di kulitnya juga terasa, sensasi gurihnya. Dan yang paling penting adalah proses penggorengan untuk ayam kampung itu tidak boleh lama, karena nanti bisa alot," beber Robby penuh semangat.

Bisa dikatakan, menyantap menu berbasis ayam kurang lengkap tanpa kehadiran sambal dan hal ini yang memang tidak dilupakan oleh Robby. Setidaknya ada tiga jenis sambal yang disuguhkan untuk menu-menu ayam yang tersedia. Bagi Anda yang menginginkan sambal bersensasi manis Anda bisa memesan Sambal EGP sebagai pelengkapnya. Dan untuk Anda penggila pedas jangan sampai Anda tidak menjajal Sambal Petir dan Gledeknya.

Meski mengandalkan menu berbasis ayam, Robby rupanya juga menyediakan beragam hidangan bertajuk seafood yang cita rasa nusantaranya tidak kalah lezat. Untuk hidangan seafood, NNC sempat mencicipi Ikan Kaci-kaci, Ikan Kue Bakar, Cumi Bakar, Cumi Telur Asin, Udang Peci Saus Padang, dan Kerang Hijau Saus Tiram. Dari sekian banyak menu seafood tersebut, lezat dan fresh menjadi dua kata yang cocok untuk menggambarkan cita rasanya.

Untuk Ikan Kaci-kaci yang telah diberi topping sambal merona nan menggoda misalnya. Tekstur lembut ikan kaci-kaci yang fresh dengan baluran sang sambal sanggup mengetarkan lidah yang sudah tak tahan lagi untuk segera menandaskannya. Begitu pula dengan Ikan Kue Bakarnya. Saking fresh dan pintar cara mengolahnya, aroma amis khas ikan laut sama sekali tidak terasa. Yang terasa hanya tekstur lembut dan sedikit krenyes-krenyes, yang berpadu ciamik dengan siraman saus kecap dan nasi putih hangat.

Tak berhenti sampai di situ, tampilan memesona yang menggoda dari Cumi Bakar, Cumi Telur Asin, Udang Peci Saus Padang, dan Kerang Hijau Saus Tiram semakin menggairahkan nafsu makan! Semua menu tersebut memberikan cita rasa yang sungguh tidak mengecewakan ketika mulai dicicipi. Dijamin Anda tidak akan menyesal.

"Untuk menu seafood, kami pastinya menggunakan bahan yang fresh. Ketika kami rasa sudah tidak fresh, bahan baku itu akan kami buang. Bagi kami, konsistensi rasa menjadi andalan di dalam membangun bisnis resto ini. Itu juga sesuai dengan singkatan nama EGP, Enak, Gurih, Pengen terus. Tapi, kami tidak menampik bahwa untuk saat ini konsumen yang datang jumlahnya belum stabil," kata Robby yang tetap semangat melakoni bisnis kulinernya seraya tersenyum.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjajal segudang kelezatan yang ditawarkan oleh Resto Ayam EGP? Jika iya, langsung saja sambangi Resto Ayam EGP dengan jam operasional mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, weekday dan weekend. Tak hanya bisa dijadikan sebagai rujukan resto bersantap ria bersama keluarga tercinta, kapasitas duduk yang cukup melimpah juga membuat resto yang satu ini cocok digunakan untuk melakukan beragam aktivitas lainnya seperti meeting kantor. Jadi, tunggu apalagi? Yuk getarkan lidah Anda di Resto Ayam EGP yang membahana!

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Y.C Kurniantoro