• News

  • Kuliner

Lebaran Belum Afdol Kalau Tak Ada Masakan Ini

Ilustrasi Ketupat Lebaran
dok.Istimewa
Ilustrasi Ketupat Lebaran

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Umat Islam di Indonesia menjadikan Idul Fitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama sanak saudara.

Idulfitri dirayakan setelah sebulan melaksanakan puasa Ramadan. Selama perayaan, berbagai hidangan disajikan. Hidangan yang paling populer dalam perayaan Idul Fitri di Indonesia adalah ketupat, yang memang sangat familiar di Indonesia, dan Malaysia.

Berikut makanan-makanan yang wajib ada saat Lebaran yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ketupat

Rasanya Lebaran tak akan afdol jika belum makan ketupat. Ya ketupat adalah salah satu makanan yang wajib ada saat Lebaran tiba. Tapi tahu enggak sih ada makna dari ketupat?

Ketupat yang terbuat dari anyaman kulit yang rumit ini sering diibaratkan sebagai perjalanan hidup yang sering diselingi dengan kesulitan. Sedangkan tali yang tidak putus digambarkan sebagai silahturahmi yang tidak pernah terputus.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng hati.

3. Sambal Goreng Ati

Makanan ini boleh saja selalu ada dalam menu sehari-hari Anda. Namun entah kenapa menu ini juga menjadi makanan wajib saat Lebaran. Tidak lengkap rasanya Ketupat dan Opor Ayam tanpa sambal goreng ati. Hidangan ini berupa olahan kentang dan ati sapi yang digoreng terlebih dahulu. Kemudian barulah dicampur dengan sambal goreng. Meski sangat sederhana, sambal goreng ati menjadi menu favorit kebanyakan orang.

4. Rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging dengan bumbu rempah-rempah yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering sama sekali. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

5. Semur Daging

Makanan lain yang hampir tidak pernah absen saat lebaran adalah Semur Daging. Namun tahukah Anda, makanan yang diramu dengan kecap manis ini ternyata berasal dari bangsa belanda. Semur yang berasal dari kata “Smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

6. Kue Kering

Sama seperti hidangan utama lainnya, hidangan kue kering juga harus ada saat Lebaran. Tak lengkap rasanya bila di hari Lebaran tidak ada kue kering. Sekarang ini kue kering memiliki banyak ragamnya, mulai dari Kastengel, Nastar, Sagu Keju, Putri Salju, Lidah Kucing dan masih banyak lagi. Nyatanya kue kering ini tidak hanya disajikan saat Lebaran saja, tapi pada saat hari-hari penting lainnya seperti Natal dan Imlek juga menyediakan kue kering di meja tamunya.

Sebagian besar orang juga melengkapi camilannya dengan berbagai macam jajanan lainnya seperti, varian permen, varian coklat, astor, dan biskuit. Jajanan seperti ini tentunya paling menjadi daya tarik anak-kecil hingga usia remaja, bahkan terkadang orang dewasa pun juga suka jajanan tersebut.

Reporter : Sesmawati
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya