• News

  • Kuliner

Sarapan dengan Bubur Sumsum Bikin Perut Kenyang, Ini Resepnya

Bubur Sumsum.
Cookpad
Bubur Sumsum.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Sarapan atau makan pagi merupakan sumber energi bagi tubuh kita untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain sumber energi sarapan juga dapat meningkatkan konsentrasi otak dan juga menjaga mood kita seharian.

Namun sayangnya sebagaian orang sering melewatkan sarapan karena dengan alasan tertentu. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk sarapan. Menu sarapan setiap orang bisa berbeda-beda berdasarkan budaya bahkan negara tak terkecuali di Indonesia.

Salah satu menu sarapan yang kita jumpai di Indonesia adalah bubur sumsum. Bubur sumsum adalah jenis bubur yang sederhana, baik dari cara pembuatan maupun bahan-bahan yang digunakan. Diberi nama sumsum karena warnanya yang putih seperti sumsum tulang. 

Resep bubur sumsum ini sangat nikmat bila disantap panas-panas apalagi jika sudah dicampur dengan saus gula merah dan santan. Walaupun semangkok bubur kurang mengenyangkan tapi lumayan juga untuk sekedar mengisi perut di pagi hari. 

Apalagi jika cuaca sedang dingin bisa menghangatkan perut dan tubuh. Daripada penasaran silahkan disimak resep berikut ini, seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan Bubur:

    1500 ml santan dari 1½ butir kelapa

    100 ml air campuran daun suji dan daun pandan (25 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan)

    150 gram tepung beras

    ½ sdt garam

    50 gram gula pasir

Bahan Saus Gula Merah:

    250 gram gula merah, diserut tipis-tipis

    125 ml air

    1 lembar daun pandan, diikat

Bahan Saus Santan:

    500 ml santan

    ¼ sdt garam

    1 lembar daun pandan, diikat

Cara membuat:

    Campur santan, air daun suji, tepung beras, garam, dan gula pasir sampai rata. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup dan matang. Kemudian tambahkan kacang merah dan aduk hingga rata.

    Saus gula merah: rebus gula merah, air, dan daun pandan sampai gula larut dan kental. Angkat dan sisihkan.

    Saus santan: rebus santan, garam dan daun pandan, aduk hingga rata. Angkat dan sisihkan

    Sajikan bubur sumsum bersama saus gula merah dan saus santan.

Ada sedikit tips untuk Anda, apabila memasak kuah santan jangan lupa untuk diaduk dari awal hingga kuah santan benar-benar masak. Hal ini untuk menghindari kuah santan yang pecah, karena nantinya rasa santan menjadi kurang gurih dan tidak kental.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli