• News

  • Kuliner

Orek Tempe Hidangan Praktis yang Kaya Akan Protein dan Vitamin

Orek Tempe
Craflog
Orek Tempe

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tempe salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan protein nabati. Selain itu juga dipercaya banyak mengandung HDL, kolesterol yang ramah bagi pembuluh darah.

Bahan dasar makanan yang berasal dari kedelai ini juga kaya akan vitamin A, B, dan E, serta berbagai macam mineral yang baik bagi tubuh. 

Tempe juga bisa diolah menjagi berbagai hidangan yang enak salah satunya orek tempe. Memasak hidangan ini tidak membutuhkan banyak waktu, penasaran yuk simak bahan dan cara membuat orek tempe seperti yang dikutip dari Baca resep dulu.

Bahan-bahan

    500 gram tempe, potong dadu, goreng ½ matang

    150 gram udang segar ukuran kecil, buang kepalanya, cuci bersih

    4 buah cabai hijau, iris serong

    4 buah cabai merah, iris serong

    2 siung bawang putih, iris tipis

    4 butir bawang merah, iris tipis

    2 cm lengkuas

    2 lembar daun salam

    1 sdm kecap manis

    1 sdt garam

    ½ sdt terasi

    50 ml air

    2 sdm minyak untuk menumis

 

Cara membuat

Panaskan minyak goreng, tumis semua bumbu iris hingga layu, masukkan udang, tumis terus hingga keluar aroma harum.

Masukkan tempe yang sudah digoreng, tambahkan kecap manis dan air. Masak dalam api kecil hingga kecap meresap ke dalam tempe. Sajikan hangat.

Olahan tempe menjadi tempe goreng secara terus menerus, pastinya akan membosankan keluarga Anda. Resep orek tempe yang kami hadirkan kali ini bisa menjadi variasi untuk mengatasi rasa bosan. Untuk menambah kaya rasa orek tempe, kami tambahkan udang dalam daftar bahan.

Jika alergi terhadap udang, Anda bisa saja menghilangkannya. Atau menggantinya dengan bahan lain seperti; ayam, irisan daging sapi, telur puyuh. Jika tidak menyukai bahan tambahan, bisa saja Anda mengolahnya tanpa bahan tambahan apapun. Selamat mencoba resep ini.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli