• News

  • Kuliner

Kue Lapis Pandan yang Lumer di Lidah

Kue lapis pandan yang lumer di lidah
Cookpad
Kue lapis pandan yang lumer di lidah

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebagai bangsa Indonesia kita patut bangga memiliki beragam jenis aneka makanan khas, salah satunya adalah Kue Lapis.

Kue lapis salah satu jajanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna dengan wangi pandan yang lumer dalam lidah, sudah pasti banyak yang suka.

Kue Lapis pun banyak variannya, namun kali ini kita akan membahas tentang Kue Lapis Pandan.

Membuat kue lapis memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan tinggi. Untuk membuat Kue Lapis Pandan, caranya cukup mudah kok. Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan dasar agar proses memasak lebih cepat. Penasaran yuk simak bahan dan cara membuat Kue Lapis Pandan seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan-bahan
Bahan I:

    500 ml santan dari 1 butir kelapa
    ½ sdt garam
    1 lembar daun pandan, simpulkan
    125 g tepung beras
    25 g tepung kanji
    125 g gula pasir
    50 ml air daun suji (20 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan)

Bahan II:

    550 ml santan dari 1 butir kelapa
    ½ sdt garam
    1 lembar daun pandan, simpulkan
    125 g tepung beras
    25 g tepung kanji
    125 g gula pasir

Cara membuat

Bahan I:

Didihkan santan, garam dan daun pandan. Saring dan diamkan sampai hangat. Aduk tepung beras, tepung kanji, dan gula pasir. Tambahkan santan dan air daun suji sambil diuleni sampai rata dan halus.

Bahan II:
Didihkan santan, garam dan daun pandan. Saring dan diamkan sampai hangat. Aduk tepung beras, tepung kanji, dan gula pasir. Tambahkan santan sambil diuleni sampai rata dan halus.
Panaskan loyang ukuran 18 cm yang sudah diolesi minyak goreng dan dilapisi plastik

Tuang 2 sendok sayur adonan hijau ke dasar loyang, kukus kue selama 10 menit

Tuang lagi 1 sendok sayur adonan putih, kukus lagi selama 5 menit. Lakukan hal yang sama hingga adonan berlapis. Terakhir kukus selama 20 menit atau hingga matang. Angkat, setelah dingin potong sesuai selera. Sajikan

Dalam resep ini digunakan air daun pandan suji. Air daun pandan suji adalah pewarna hijau alami, biasa dipakai untuk membuat kue tradisional beraroma pandan. Untuk membuatnya, campur daun suji, daun pandan, dan air, kemudian blender dan saring. Gunakan segera untuk membuat adonan. Selamat mencob

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani