• News

  • Kuliner

Pemkot Tangerang Gelar Festival Kuliner Pasundan

Ilustrasi Festival Kuliner (jakarta.bisnis.com)
Ilustrasi Festival Kuliner (jakarta.bisnis.com)

TANGERANG, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Kota Tangerang bekerja sama dengan Paguyuban Pasundan menyelenggarakan Festival Seni Budaya dan Kuliner Pasundan.

Kegiatan tersebut digelar di kawasan Pasar Lama Kota Tangerang pada Sabtu mulai pukul 19.00 WIB.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kota Tangerang Rina Hernaningsih di Tangerang, Sabtu (10/9/2016), mengatakan keragaman budaya yang dimiliki masyarakat Kota Tangerang merupakan potensi dan anugerah luar biasa bagi kota yang berjuluk "Kota Akhlakul Karimah" itu.

Namun demikian, katanya, kekayaan budaya tersebut hanya akan menjadi slogan bila tidak dilestarikan dan dipelihara oleh warganya.

Ia menjelaskan dalam rangka memperkenalkan heterogenitas budaya di Kota Tangerang, khususnya budaya Pasundan, digelar Festival Seni dan Budaya serta Kuliner Pasundan.

Selain menyajikan kuliner khas Pasundan, katanya, dalam kegiatan tersebut akan digelar berbagai kegiatan mulai dari penampilan tari tradisional khas Tangerang dan Banten yang menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Pasundan, seperti Rampak Bedug versi Tangerang dan penampilan Rampak Gendang serta Kecapi Suling Modern dari Gandrung Gumilang Enterprise, serta masih banyak lagi penampilan lainnya.

"Kegiatan ini menjadi tema dalam acara 'Tangerang Culinary Night' yang rutin kita selenggarakan di kawasan Pasar Lama," katanya.

Ke depannya, katanya, akan juga dilaksanakan Festival Kuliner dari Jawa atau suku-suku lain yang merepresentasikan keragaman masyarakat Kota Tangerang.

Ketua Paguyuban Pasundan Cabang Kota Tangerang Nana Supiana menjelaskan pihaknya juga tidak mengundang tamu dari luar daerah, termasuk juga penyanyi.

"Ini acara seni dan budaya," katanya.

Editor : Sesmawati
Sumber : Antara