• News

  • Megapolitan

Ahok: Jilbab Bagian dari Agama, Bukan Seragam Sekolah

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Netralnews/Adiel Manafe)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Netralnews/Adiel Manafe)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Punama (Ahok) mengingatkan, penggunaan jilbab adalah bagian dari agama dan bukan seragam sekolah. Oleh karena itu, pihak sekolah jangan memaksakan siswi untuk menggunakan jilbab.

"Kamu harus ngajarin orang, pakai jilbab itu bagian dari agama, bukan seragam sekolah,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Menurutnya, banyak sekolah negeri yang mewajibkan siswinya mengenakan jilbab, sehingga mereka memakainya hanya sementara, dan akan ditanggalkan saat keluar dari lingkungan sekolah. Hal inilah yang tidak diinginkan oleh Ahok.

“Kan banyak nih anak sekolah biasanya hari Jumat wajib pakai muslim nih, hampir seluruh sekolah negeri begitu. Maksud saya jangan begitu, nanti begitu dia naik ke mobil, dia copot (jilbab)," ungkapnya.

Oleh karena itu, Ahok meminta kepada seluruh kepala sekolah negeri di Jakarta untuk bisa mendidik pelajar perempuan agar memakai jilbab bukan karena takut sama guru-guru.

“Aku cuman ingatkan Kepsek, ngajarin anak-anak itu kalau pakai jilbab itu, jangan pas keluar dan naik motor dibuka,” jelasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro