• News

  • Megapolitan

Ini Tujuan ‘Sayembara Sepatu Bang Sandi‘

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.
Netralnews/Adiel Manafe
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan, alasan mengadakan 'Sayembara Sepatu Bang Sandi' adalah untuk mencari sepatu pantofel yang nyaman dan sesuai dengan Peraturan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas.

Sebab, sepatu yang ia kenakan saat bertugas mendapat sorotan publik dan media, bahkan ditegur oleh salah satu pimpinan DPRD DKI, karena tidak sesuai dengan peraturan tersebut.

Politisi Gerindra itu menambahkan, sayembara ini juga bertujuan untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang sepatu yang sedang lesu dan mengalami penurunan.

"Karena sepatu saya tidak sesuai dengan Pergub Nomor 23. Dan terima kasih pers mengangkat terus, jadi saya ditegur oleh salah satu pimpinan DPRD dan akhirnya saya putuskan untuk melakukan sayembara," kata Sandiaga di Jakarta Creative Hub, MH Thamrin, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

"Sekaligus memompa semangat motivasi para UMKM yang bergerak di bidang sepatu yang mengalami kelesuan karena menurunnya daya beli," sambungnya.

Karenanya pengusaha nasional ini berharap, produksi sepatu pantofel tidak hanya untuk PNS, tapi menyasar ke semua pasar.

"Cara berpikirnya jangan hanya PNS aja. Toh justru untuk pasar yang lebih besar karena PNS hanya 70.000 dan pasar kita jauh lebih besar. Di Jakarta kan ada 10 juta lebih," ucap Sandiaga.

Sandiaga memastikan anggaran sayembara sepatu menggunakan uang pribadi bukan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI.

Untuk diketahui, launching sayembara dibuka pada Jumat (3/11/2017) kemarin di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat. Kemudian pendaftaran dilakukan via website, dimulai 10 November sampai 10 Desember 2017. Pengumuman 20 besar pada 11 Januari 2018, pengumuman 10 besar pada 18 Januari 2018, pengumuman 5 besar 25 Januari 2018, dan pengumuman pemenang 14 Februari 2018.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro