• News

  • Megapolitan

Ini Kelanjutan Sayembara "Sepatu Bang Sandi Zaman Now"

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.
NNC/Adiel Manafe
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

JAKARTA, NNC - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta mendukung terselenggaranya 'Sayembara Sepatu Bang Sandi Zaman Now' yang digagas oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Pemprov DKI Jakarta akan membantu pemenang sayembara memperoleh sertifikasi merek dagang dan mengajak pemenang ikut serta dalam setiap pameran lokal maupun nasional.

Dalam sayembara ini, start up produk sepatu lokal Brodo berperan sebagai official partner yang akan memberikan pendampingan serta monitoring produksi sepatu dari peserta sayembara.

Brodo pun menyerahkan sepatu dengan desain terbaru kepada Sandiaga secara simbolis di Balairung, Balai Kota Jakarta, pada Kamis (11/1/2018), yang akan dipakai Wagub Sandiaga sembari menanti karya pemenang sayembara selesai diproduksi.

“Ke depan, Brodo akan mentori para pemenang dan finalis lomba, dan lanjut ber-partner dengan Dinas UMKM dan OK OCE. Para pengrajin dimentori supaya bisa naik kelas jadi pengusaha seperti Brodo," kata Sandi dalam acara tersebut.

"6 tahun lalu mereka mulai hanya berdua dan hari ini sudah membuka 300 lapangan kerja. Kalau 100 saja pengrajin pengusaha peserta sayembara bisa sukses dimentori Brodo, maka berpotensi menghasilkan 5.000 lapangan kerja baru dibuka setiap tahunnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, sayembara ini dilakukan untuk mendorong kemajuan dan kreatifitas UMKM khususnya di DKI Jakarta. Sayembara ini terbuka bagi setiap warga DKI Jakarta dan industri UMKM sepatu yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Adapun kategori dalam sayembara ini, antara lain sayembara desain sepatu (bagi peserta yang hanya bisa mendesain saja tapi belum bisa memproduksi sepatu), sayembara desain dan produksi sepatu (bagi peserta yang bisa mendesain dan memproduksi sepatu), dan sayembara desain kotak sepatu (dengan menggambar/melukis di atas kotak sepatu atau desain bentuk kotak sepatu).

Selain itu, sepatu yang didesain harus sesuai dengan Pergub Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas, yaitu sepatu pantofel berwarna hitam.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro