• News

  • Megapolitan

Djarot Imbau Warga Tidak Membawa Kerabatnya Setelah Mudik

Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat (Netralnews/Adiel Manafe)
Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat (Netralnews/Adiel Manafe)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengingatkan agar warga yang mudik Lebaran, saat kembali nanti, tidak membawa saudara maupun kerabat ke Jakarta. Mengingat jumlah penduduk di ibukota sudah terlalu banyak.

Menurut Djarot, banyak warga pendatang yang membawa saudara dan teman dari desa untuk mencari pekerjaan di Jakarta. Fenomena inilah yang selalu dihadapi ibukota seusai masa libur Lebaran atau pada masa arus balik.

"Nanti kalau balik ke Jakarta jangan bawa temannya atau saudaranya," kata Djarot di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2016).

Djarot mengatakan, para calon pendatang nantinya akan menjadi beban Pemprov DKI Jakarta, terlebih mereka yang tidak memiliki keterampilan untuk mengadu nasib di Jakarta.

"Ada penganguran itu jadi beban bagi masyarakat, beban bagi pemerintah juga, dan beban bagi yang membawa, karena saya melihat urbanisasi masih cukup tinggi di Jakarta," ungkapnya.

Lebih jauh ia mengimbau pemudik tak menggunakan sepeda motor sebagai angkutan mudik. Sebab risiko kecelakaan pemudik sepeda motor sangat tinggi.

"Perhatikan kendaraan, kesehatan, karena merayakan Idul Fitri di lokasi masing-masing itu butuh kesehatan untuk keselamatan mereka. Keselataman nomor satu," katanya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro