• News

  • Megapolitan

Ini Sikap Anies soal Fenomena Urbanisasi ke Ibukota Pascalebaran

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
NNC/Adiel Manafe
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

JAKARTA, NNC - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi arus urbanisasi yang kerap terjadi setelah libur Lebaran, dimana warga dari daerah berbondong-bondong datang dan mengadu nasib di ibukota.

Menurutnya, urbanisasi pascalebaran merupakan fenomena sosial tahunan yang harus disikapi dan diantisipasi dengan baik dan bijak, apalagi karena setiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan yang layak di mana saja termasuk di Jakarta.

"Bagi kami sendiri di Jakarta kita menganut aturan hukum bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan dan hak yang sama di mana saja termasuk Jakarta serta kota-kota lain," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Namun demikian mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan, para pendatang harus mematuhi segala aturan yang ada di Jakarta.

“Prinsipnya datang ke sini, ikuti semua aturan (dan) ketentuan, insya Allah semua bisa tertangani. Aturan kependudukan kita jelas, kalau orang datang harus lapor 1x 24 jam kepada RT setempat, jadi ikuti semua aturan yang ada,” ujarnya.

Tak hanya aturan kependudukan,  Anies juga mengimbau kepada  masyarakat yang datang ke Jakarta harus terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Selain itu, pendatang juga harus tuntas melakukan vaksin.

"Dari pengalaman selama ini, yang mendasar pastikan ikut di dalam JKN, sehingga kalau ada masalah kesehatan tidak menjadi masalah karena seringkali datang ke sebuah tempat tanpa ada jaminan kesehatan (dan) tanpa keikutsertaan di JKN, lalu ketika ada masalah kesehatan mengalami kerepotan," ucap dia.

"Yang kedua pastikan semua imunisasi, (dan) vaksin itu dibereskan. Sehingga kedatangannya kalau pun nanti ada masalah tidak memberikan kontribusi problem ke daerah baru," jelas Anies.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Lince Eppang