• News

  • Megapolitan

Tiga Hari Operasi Cipta Kondusif Berjalan, 387 Orang Diamankan

Dari 387 orang yang diamankan, 73 orang diantaranya ditetapkan tersangka dan ditahan, sementara 314 lainnya dibina.
NNC/Toar Sandy Purukan
Dari 387 orang yang diamankan, 73 orang diantaranya ditetapkan tersangka dan ditahan, sementara 314 lainnya dibina.

JAKARTA, NNC - Selama tiga hari dari 3 hingga 5 Juli 2018 Operasi Cipta Kondusif di wilayah Polda Metro Jaya dan jajaran telah berjalan, hasilnya ada 387 orang diamankan karena diduga terlibat kasus kejahatan jalanan. Dari 387 orang yang diamankan, 73 orang diantaranya ditetapkan tersangka dan ditahan, sementara 314 lainnya dibina.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, Polda Metro Jaya dan jajaran telah melaksanakan Operasi Cipta Kondusif dengan sasaran curas dan curat yang didalamnya ada begal, jambret, dan curanmor.

"Operasi ini telah dimulai dari tgl 3 Juli 2018 dan berakhir di tanggal 3 Agustus 2018. Jadi dari 3 sampai 5 Juli  2017 ini sudah kita lakukan penangkapan-penangkapan yang ada polres jajaran dan Polda juga," terang Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (6/7/2018).

Ia menerangkan, ada 16 tim yang dikerahkan, 13 tim dari polres-polres yang ada di wilayah Polda Metro Jaya dan tiga tim di Polda Metro Jaya.

"Kemudian dari kegiatan tiga hari ini 3, 4 dan 5 Juli ada 69 kasus, Kemudian kita bisa diamankan orang sebanyak 387 orang, kita amankan. Setelah kita lakukan penyidikan, ternyata ada 73 orang dilakukan penahanan karena melakukan tindak pidana," tuturnya.

Tindak pidana ini bermacam-macam, mulai ada jambret, begal, curanmor, penodongan, dan lainya sebagainya.
 
Sementara 314 orang lainnya dilakukan pembinaan. Artinya, ratusan orang itu tidak terbukti di dalam melakukan kegiatan tindak pidana.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan ada sepeda motor, senjata tajam, golok, senpi rakitan dan lainnya.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Lince Eppang