• News

  • Megapolitan

Kadis Pendidikan DKI Apresiasi MPLS

Kepala Dinas Pendidikan DKI Sopan Adrianto. (elshinta.com)
Kepala Dinas Pendidikan DKI Sopan Adrianto. (elshinta.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru sebagi pengganti Masa Orientasi Siswa (MOS), diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto.

Menurut Sopan, aturan Mendikbud Anies Baswedan itu sangat jelas mengatur bagaimana MPLS ini, sehingga pihak sekolah tidak menafsirkan sendiri-sendiri seperti pelaksanaan MOS sebelumnya.

"Permendikbud itu memang benar-benar ngatur jelas sehingga tidak ada lagi sekolah yang menafsirkan yang berbeda-beda. Kalau tahun sebelumnya itu diserahkan kepada sekolah. Jadi sekolah menafsirkan yang namanya MOS itu berbeda-beda," kata Sopan di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Dengan tidak adanya banyak penafsiran antarsekolah dalam Permendikbud ini, apa yang harus dikerjakan sekolah dan sanksi sudah sangat jelas dan terperinci.

"Ini memudahkan seluruh sekolah melaksanakan MPLS dengan baik. Yang penting lagi MPLS itu tanggung jawab guru. Dan siswa dan alumni tidak boleh dilibatkan," ungkapnya.

MPLS akan diisi dengan materi pengenal lingkungan sekolah, bagaimana menciptakan suasana tenang dalam belajar, dan edukasi serta kreatifitas.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro