• News

  • Megapolitan

Waspada! Ada Komplotan Pencuri yang Tebar Paku di Jalan

Ilustrasi
Istimewa
Ilustrasi

JAKARTA, NNC - Polisi berhasil meringkus empat pelaku pencurian yang kerap mengincar pengendara mobil yang melintas di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Para pelaku menjebak korbannya dengan modus melempar paku di jalan, ketika mobil pelaku kempes dan berhenti, pelaku pun langsung beraksi.

Empat pelaku yang diringkus yaitu Heru Handoyo (33), Devi Haryanto alias Evi (43), Saldi Novi alias Saldi alias Aldi (45), dan Damsi (50). Keempat pelaku tersebut ditangkap di Desa Pengasinan RT 05/03 Gunung Sindur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kapolsek Pesanggrahan, Kompol Maulana J Karepesina mengatakan, para pelaku pencurian dengan modus kempes ban itu merupakan komplotan asal Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Menurutnya, para pelaku ini memilih korbannya secara acak. "Sebab modusnya dia (para pelaku-red) sebar paku di jalanan, saat ada mobil yang melintas dan terlihat terkena paku, pelaku ini lalu mengikuti mobil korban," ujar Maulana di Jakarta, Sabtu (8/9/2018).

Saat mengikuti mobil korban itu, lalu ada pelaku yang berperan memberitahu kepada korban kalau ban mobilnya kempes. Saat korban turun memeriksa ban mobilnya, para pelaku itu langsung beraksi melakukan pencurian.

"Saat korban turun, pelaku mendatangi korban dan melancarkan aksinya, dengan mengancam korban agar tak melawan, lalu merampas barang berharga milik korban," terangnya.

Terakhir para pelaku ini beraksi di depan Rumah Sakit Dr Suyoto, di Jalan RC Veteran, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Rabu (25/7/2018) lalu, dengan korban bernama Asmari (45).

Akibat peristiwa itu, korban kehilangan uang kurang lebih Rp10 juta. Para pelaku terancam dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya