• News

  • Megapolitan

Diminta Tak Berpolitik, Gubernur Anies Ajak Masyarakat Pantau ASN

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
NNC/Adiel Manafe
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NNC - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 mendatang.

Soal netralitas ASN ini dikatakan Anies terkait laporan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jakarta Barat yang menduga adanya keterlibatan Kepala Sekolah SMPN 127 dalam kampanye caleg salah satu partai politik.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemprov DKI itu menegaskan akan menindak para ASN yang menyalahi aturan. Penindakan akan dilakukan sesuai ketentuan yang ada.

"Semua yang menyalahi ketentuan akan ditindak. Nanti kalau ada lapor, kami akan proses. Semua ASN harus menunjukkan netralitas," kata Anies.

Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memantau kinerja ASN. Jika ditemukan ASN yang berkampanye, Anies bisa mengambil keputusan untuk menindaknya.

"Mari saling awasi dan saling ingatkan, jangan biarkan bila ada kolega terlibat dalam kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan sebagai ASN," ujarnya.

Sebelumnya, Panwaslu Jakarta Barat menyatakan adanya dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh caleg Partai Gerindra M. Arief.

Dia diduga melakukan kampanye di SMPN 127 Jakarta Barat, Arief melibatkan kepala sekolah hingga guru sehingga melanggar kode etik lantaran terlibat dalam proses kampanye. Bahkan kampanye M. Arief dilakukan di lingkungan SMPN 127 Jakarta Barat.
   

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Wulandari Saptono