• News

  • Megapolitan

Hadapi Pemilu 2019, FBR Punya Program JAWARA Anti Hoax dan Jaga Kampung

Ketua Umum Forum Betawi Rempug KH Lutfi Hakim
Istimewa
Ketua Umum Forum Betawi Rempug KH Lutfi Hakim

JAKARTA,NNCForum Betawi Rempug (FBR) mengingatkan bahaya potensi konflik sosial horizontal disebabkan oleh fenomena maraknya berita maupun informasi hoax yang sengaja disebar melalui berbagai media serta saluran komunikasi dan informasi, terutama menjelang, saat dan setelah berlangsungnya Pemilu April 2019.

Untuk menghadapi pesta demokrasi pada April 2019 mendatang, FBR mempunyai program yang disebut Jaga Kampung dan JAWARA Anti Hoax.

“Menjaga Indonesia terlalu luas, menjaga Jakarta, dan Jabodetabek terlalu luas. Kita cukup jaga kampung saja,” ujar Ketua FBR KH Lutfi Hakim di Matraman, Selasa (29/1/2019).

“Kita himbau teman-teman untuk bekerja sama dengan pihak lain untuk mensukseskan Pilpres yang aman, damai, sejuk dan berintegritas. Anggota kita kan tersebar di masing-masing di RT dan RW, mereka siap bantu antisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar KH pemimpin organisasi masyarakat yang cukup populer di Jakarta dengan ratusan ribu anggota yang tersebar di wilayah Jabobetabek.

FBR, ungkap Lutfi telah mensosialisasikan spanduk sosialisasi Jaga Kampung dan mengkampanyekan hashtag #2019fbrjagainkampung.

Sementara terkait JAWARA Anti Hoax, Lutfi mengatakan FBR mengajak anggotanya untuk memverifikasi informasi yang diterima sebelum memforward ke group, baik di media sosial maupun platform chatting populer seperti WhatsApp.

“Belajar dari Suriah, konflik yang terjadi di Suriah berawal dengan hoax,” ujar KH Lutfi.

Masyarakat dunia sempat dihebohkan dengan munculnya penanyangan foto dan gambar di media sosial media terkait konflik yang terjadi di Suriah, mengundang simpati bahkan kecaman dari netizen dari berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. 

Konten hoax tersebut menjadi viral setelah dibagikan hingga ratusan bahkan ribuan kali oleh netizen dan berbagai analisa oleh beberapa akademisi, hal ini turut berkontribusi terhadap eskalasi konflik yang terjadi di negara Timur Tengah tersebut.

“Beli Piring Kaga Pakai Boks, Jangan Sampe Kemakan Hoax,” seperti diungkapkan dari salah satu pantun Ketua FBR KH Lutfi.

Editor : Firman Qusnulyakin