• News

  • Megapolitan

Apel Gabungan Pengamanan Pemilu, Anies Harap Jakarta Tetap Kondusif

Gubernur Anies Pimpin Apel Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 di Kawasan Monas
NNC/Wahyu Praditya Purnomo
Gubernur Anies Pimpin Apel Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 di Kawasan Monas

JAKARTA, NNC - Apel tiga pilar bersama TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta se-wilayah Garnisun Tetap I Jakarta digelar untuk Pengamanan Pemilu 2019, di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai pembina apel. Dalam sambutannya Anies berharap Jakarta tetap kondusif saat pemilu maupun sesudah pemilu. Jakarta kata Anies merupakan gambaran Indonesia untuk itu semua kalangan jaga keamanan dan ketertiban ibu kota.

"Kita semua menyadari posisi strategis Ibu Kota. Karena itu, tiga tidak TNI, Polri dan Pemprov (Satpol PP DKI Jakarta) akan terus bekerja bahu-membahu mempersiapkan pelaksanaan dan pascapemilu, Ibu Kota tetap kondusif," kata Anies di Monas, Rabu (27/2/2019).

"Karena itu, ini adalah tugas yang sangat strategis, sangat penting, dan pandangan ini sebagai suatu kehormatan. Kita semua mengharapkan seluruh masyarakat untuk ikut membantu pengamanan," tambahnya.

Dirinya berpesan agar semua pihak tetap waspada dan mengambil keputusan terkait peristiwa di Jakarta, termasuk kawasan penyangga, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) yang diharapkan tetap kondusif. Setiap kegiatan yang berhasil memperbaiki keamanan dan ketertiban di masyarakat, sejak dini harus dapat mencegah agar tidak berkembang luas dan besar.

Cara membantunya, menurut Anies, yaitu jika menyaksikan ada hal-hal yang dipertimbangkan untuk mendapatkan keamanan, masyarakat tidak berhak melakukan sendiri.

"Tapi laporkan kepada aparat kita, baik polisi, TNI maupun pemprov. Karena, bagian penegakan hukum itu bagian kita, pengamanan adalah bagian negara," ujar Anies.

Dalam apel itu, Anies mengirimkan kendaraan Dinas Operasional 261 unit motor dan 261 unit mobil, dan Surat Tugas Penyedia Jasa Lainnya (PJLP) 786 personel ke Satpol PP Provinsi DKI Jakarta. Kendaraan itu untuk mendukung pengamanan Pemilu 2019, khusus tingkat kelurahan di seluruh wilayah Jakarta.

 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Firman Qusnulyakin