• News

  • Megapolitan

Tawuran Remaja Marak saat Ramadan, Ini imbauan Gubernur Anies untuk Orangtua

Tawuran Remaja Marak saat Ramadan.
Youth
Tawuran Remaja Marak saat Ramadan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pada bulan Ramadan ini, kasus tawuran di Ibukota kian marak. Ironisnya pelaku tawuran adalah para remaja.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada seluruh orang tua agar memastikan anaknya sahur di rumah.

Hal tersebut diinstruksikan Anies agar tak terulang lagi kejadian remaja keliling membawa senjata tajam (sajam) ataupun tawuran pada dini hari menjelang sahur. Diketahui, kasus tawuran banyak terjadi menjelang saur.

"Para orang tua pastikan anaknya sahur di rumah, pastikan anaknya tidak ikut dalam kegiatan itu (tawuran)," ujar Anies di Pasar Minggu Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

Menurut Anies, jika hanya penegak hukum seperti Polisi dan Satpol PP saja yang berpatroli, itu dirasa kurang efektif untuk mencegah tawuran.

"Mau tidak mau harus dua sisi, satu sisi masyarakat (orang tua), yang kedua adalah sisi penegakan aturan. Kalau hanya penegakan aturan saja, jadinya kucing-kucingan terus," ujar Anies.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat mulai dari Rukun Tetangga (RT) sampai tokoh masyarakat ikut mengawal lingkungannya agar tidak ada potensi yang menyebabkan kegaduhan.

"Kepada seluruh masyarakat mulai dari RT, RW, kemudian tokoh masyarakat, ajak lingkungannya untuk menjahui praktek kebut-kebutan, tawuran, dan hal negatif lainnya menjelang sahur, jaga itu," tuturnya.

Tak segan-segan, Anies bakal menindak tegas dan memberi sanksi bila kedapatan ada yang melakukan tindak pidana.

"Kita bekerja sama dengan aparat kepolisian, nanti yang akan melakukan penindakan-penindakan apabila menyangkut pelanggaran pidana," tegasnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani