• News

  • Megapolitan

Pemprov DKI Prediksi Pengunjung Tempat Wisata Terus Meningkat

Wisatawan di kawasan Kota Tua
dok.Istimewa
Wisatawan di kawasan Kota Tua

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah hingga akhir liburan, diprediksi tempat-tempat wisata di Jakarta akan terus dijejali pengunjung. Bahkan peningkatan akan terus terjadi berdasarkan kumulasi jumlah pengunjung tempat wisata pada Kamis (6/6/2019) kemarin.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi. Menurutnya, beberapa destinasi wisata masih menjadi primadona warga Jakarta untuk menghabiskan liburan.

"Pengunjung kawasan wisata akan bertambah, karena beberapa destinasi wisata masih menjadi primadona warga Jakarta untuk menghabiskan liburan. Selain itu telah disiapkan beberapa atraksi di kawasan wisata," kata Edy Junaedi, Jumat (7/6/2019).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pemprov DKI Jakarta, jumlah pengunjung hampir seluruh tempat wisata di Jakarta, kecuali Ragunan dan Planetarium sebanyak 318.070 orang.

Jumlah tersebut dinilai cukup besar dikarenakan berdasarkan hari libur lebaran kedua pada tahun sebelumnya jumlah pengunjung tempat wisata di Jakarta hanya sebanyak 112.161 orang.

"Angka kunjungan dihari kedua Idul Fitri tahun 2019 sebanyak 318.070 pengunjung naik dibandingkan dengan tahun 2018 lalu saat libur lebaran hari kedua Idulfitri yang hanya 112.161 pengunjung," ujarnya.

Pemprov DKI pun mendata jumlah pengunjung di beberapa tempat wisata pada libur lebaran hari kedua. Taman Impian Jaya Ancol menjadi tempat wisata yang memiliki jumlah pengunjung paling banyak kemarin, yakni sebanyak 93.545 pengunjung.

Sedangkan yang lainnya, yakni Monumen Nasional (Monas) sebanyak 90.174, dan 13.849 yang memasuki tugu monas. Kota Tua mencatat sebanyak 65.868 orang pengunjung, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebanyak 26.893, dan Kepulauan Seribu sebanyak 10.151 orang.

"Hari kedua Idul Fitri benar-benar dimanfaatkan warga untuk berlibur, setelah hari pertama Idulfitri sejumlah kawasan wisata tutup," terang Edy.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya