• News

  • Megapolitan

Ingin Merasakan Naik LRT Sebelum Beroperasi Resmi? Begini Caranya

Jalur LRT dalam tahap pembangunan.
Adhi Karya
Jalur LRT dalam tahap pembangunan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta memberlakukan uji publik moda transportasi LRT. Uji publik ini dilakukan sebelum pihak PT LRT mengoperasikan LRT secara komersil.

Melalui sejumlah unggahan di akun resmi, PT LRT Jakarta membeberkan beberapa tata cara yang mesti diikuti masyarakat bila berminat menjajal LRT.

Pertama-tama, masyarakat mesti mendaftar dengan mengisi data diri di pranala yang sudah disediakan.

Setelah mengisi data diri, calon penumpang mesti memilih jadwal uji publik yang disediakan. Berdasarkan jadwal yang tersedia dalam laman tersebut, masyarakat bisa memilih tanggal keberangkatan antara 11 hingga 21 Juni, baik di hari kerja maupun di akhir pekan.

Usai mendaftarkan diri, calon penumpang akan mendapatkan tiket elektronik yang dikirim ke alamat surel yang didaftarkan saat pendaftaran. Pihak LRT meminta calon penumpang untuk mengunduh tiket elektronik tersebut.

"Tunjukkan e-ticket kepada petugas ticketing di loket stasiun sesuai dengan tanggal pilihan Anda, untuk ditukar dengan SJT (Single Journey Trip)," tulis pernyataan LRT Jakarta.

Pihak LRT juga menyebut ada sejumlah syarat terkait tiket tersebut, yaitu satu tiket berlaku untuk satu orang, bisa mendaftarkan alamat surel lebih dari sekali, tiket hanya bisa divalidasi di hari keberangkatan.

Selain itu, tiket yang sudah divalidasi tidak dapat digunakan lagi, anak di bawah usia tiga tahun tidak wajib mendaftar, dan petugas berhak membatalkan keikutsertaan pendaftar yang dianggap tak memenuhi syarat.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P