• News

  • Megapolitan

Bangun Fase 2 Bundaran HI - Kota, MRT Jakarta Gandeng KPK

MRT Jakarta.
twitter @mrtjakarta
MRT Jakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pembangunan jalur Moda Raya Terpadu (MRT) fase 2 diproyeksikan sepanjang 8,3 kilometer. MRT akan dibangun dari Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat sampai kawasan Kota, Jakarta Utara.

Dalam pembangunan jalur MRT, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu dikatakan Direktur Utama PT MRT, William Sabandar saat penandatanganan Pakta Integritas antara Direktur Utama PT MRT dengan Direktur Penelitian dan Pengembangan Bidang Pencegahan KPK Wawan Wardiana, Rabu (19/6/2019).

Menurut William, keterlibatan KPK dalam pembangunan MRT fase 2 guna melakukan pengawasan penggunaan dana atau anggaran proyek moda transportasi massal tersebut.

"KPK dilibatkan untuk melakukan pengawasan penggunaan dana proyek MRT," kata William.

William mengatakan, anggaran pembangunan MRT fase 2 mencapai Rp22,5 triliun yang seluruhnya pendanaan pinjaman lunak dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Sebagai mega proyek tentu diperlukan partisipasi semua elemen termasuk KPK yang berfungsi mengawasi agar tidak terjadi persoalan korupsi.

"Ini proyek besar, biayanya juga besar sekali. Tidak mungkin MRT mengerjakan sendiri. Dia harus dikawal. Oleh sebab itu semua elemen yang terkait dgn pengawasan itu (KPK) kita libatkan dalam mengawal proses ini," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Litbang KPK Bidang Wawan Wardiana mengatakan, KPK baru akan melakukan evaluasi terhadap pembangunan MRT fase pertama. Karena itu, untuk fase 2 KPK baru akan memaparkan setelah memulai kajian.

Ia menilai, terdapat beberapa hal yang riskan terjadi praktik korupsi dalam sebuah pembangunan. Praktik tersebut bisa terjadi seperti mulai perencanaan, pelaksanaan, dan pengadaan.

"Kalau ngomong perencanaan apakah hal tersebut dilakukan dengan baik ada gak studi kelayakan? Jangan-jangan proyek dilakukan tidak ada studinya," ujarnya.

Ia mengatakan, kerja sama yang akan dilakukan dalam pembangunan MRT fase 2 ini ditekankan pada pencegahan. KPK akan berbagi mengenai kendala-kendala pada fase 1 dan mengingatkan adanya Pakta Integritas agar untuk diimplementasikan.

”KPK membuka diri untuk menerima informasi mengingat ini merupakan proyek besar jangka waktu terbatas," kata dia.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P