• News

  • Megapolitan

MRT Fase 2 Keseluruhan Proyek Dibangun Bawah Tanah

 MRT fase 2 keseluruhan proyek dibangun bawah tanah.
InfoBisnis
MRT fase 2 keseluruhan proyek dibangun bawah tanah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Mass Rapid TransitJakarta memulai pembangunan proyek MRT fase 2 koridor Bundaran Hotel Indonesia-Kota. Diproyeksikan pengerjaan proyek tersebut rampung pada 2024 mendatang.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William mengatakan, pembangunan fase kedua akan dilakukan dalam enam paket pengerjaan. Ditambahkannya, keseluruhan proyek ini dibangun di bawah tanah.

"MRT fase 2 MRT keseluruhan akan dibangun menggunakan jalur bawah tanah," kata William saat Kick Off dan penandatanganan Pakta Integritas pengadaan MRT fase 2, Rabu (19/6/2019) kemarin.

Penggunaan jalur bawah tanah ini, menurutnya, dilakukan karena keterbatasan lahan serta kesulitan medan berupa permukiman padat penduduk. Selain itu terdapat sungai di kawasan Harmoni. Saat ini sejumlah pengerjaan telah dimulai, antara lain substation di Monas.

Lebih-lanjut dijelaskan William dalam fase 2 ini pembangunan akan dilakukan enam paket. Pertama, CP 201 hingga CP 204 yaitu pengadaan kontraktor pembangunan kontruksi, CP 205 sistem persinyalan rel, dan CP 206 pengadaan rolling stock.

"CP 201 yang merupakan paket pertama dari Bundaran HI menuju Harmoni dalam proses lelang. Kemudian CP 202, 203 juga akan segera dibangun dalam waktu beberapa minggu ke depan," ujarnya.

Nantinya, fase 2 akan terintegrasi dengan Stasiun KRL Jakarta Kota. Dengan jarak 8,3 kilometer, Bundaran HI-Kota nantinya akan ditempuh dalam waktu 20 menit.

Adapun pembiayaan proyek fase 2 berasal dari pinjaman lunak dari Japan International Cooperation Agency (JICA) sebesar Rp22,5 triliun. Pengawasan dana ini melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani