• News

  • Megapolitan

Penyebutan Pulau untuk Reklamasi, Gubernur Anies Sebut itu Salah

Penyebutan Pulau untuk reklamasi, Gubernur Anies sebut itu salah.
Sosialisasi
Penyebutan Pulau untuk reklamasi, Gubernur Anies sebut itu salah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sejak penerbitan izin pendirian bangunan (IMB) pada ratusan bangun, Reklamasi di Utara Jakarta kerap menjadi pembahasan.

Termasuk istilah terhadap daratan buatan tersebut. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, penyebutan pulau bagi reklamasi tidaklah tepat.

Demikian ditegaskan Anies Baswedan saat menghadiri Halal Bihalal Partai Gerindra, Minggu (23/6/2019). Menurutnya, reklamasi seharusnya disebut pantai bukan pulau.

"Dari Reklamasi saja, disebutnya pulau reklamasi. Tidak ada pulau. Yang disebut pulau itu adalah daratan yang terbentuk proses alami. Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau," kata Anies.

Lebih-lanjut dirinya pun mencontohkan Pantai Indah Kapuk, dia menyebutnya sebagai wilayah reklamasi. Begitu pula dengan kawasan Pantai Mutiara dan Pantai Ancol.

"Coba kita terlanjur menyebutnya pulau, ini hal sederhana kan. Kalau kita tidak punya pemahaman yang benar, nanti terjebak jebak tuh di doorstop, diskusi," ujarnya.

Dirinya pun meminta kepada anggota legislatif, calon legislatif (caleg) terpilih atau kader Partai Gerindra untuk memberikan pemahaman yang tepat terkait reklamasi.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?