• News

  • Megapolitan

LRT Jakarta Masih Belum Dapat Dioperasikan Secara Komersil

Suasan di Stasiun  LRT Jakarta.
IDN Times
Suasan di Stasiun LRT Jakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi lebih dalam terkait pengoperasian LRT Jakarta secara komersil.

"Belum. Saya akan melakukan evaluasi secara komprehensif. Setelah itu didapatkan baru kita akan coba umumkan kapan dia beroperasinya secara komersil,” kata Syafrin saat ditemui di DPRD DKI, Selasa, (9/7/2019).

Hal tersebut dikatakan Syafrin menjawab pertanyaan kenapa hingga saat ini LRT Jakarta belum juga dioperasikan secara komersial. Padahal, proyek ini awalnya ditargetkan bakal beroperasi saat Asian Games 2018 lalu.

Kepala dinas yang baru saja dilantik ini menjelaskan, salah satu yang disoroti pihaknya adalah uji publik yang masih berjalan. Ia memastikan uji publik itu cukup berpengaruh dalam menentukan beroperasinya LRT.

"Mungkin dari hasil itu kita akan evaluasi secara menyeluruh, dari hasil evaluasi menyeluruh ini, tentu kita pahami akan banyak hal-hal yang harus dilengkapi," ujarnya.

Meski belum ada kepastian waktu beroperasi, Syafrin menuturkan kalau LRT kedepannya akan diintegrasikan dengan transportasi publik di Jakarta khususnya Transjakarta.

"Tapi prinsipnya untuk LRT kita akan dorong integrasi dengan angkutan umum jalan yang ada. Jadi tidak hanya di Transjakarta tapi juga angkutan umum reguler lainnya yang bersinggungan dengan stasiun-stasiun LRT," tutur Syafrin.

Sebagai catatan, LRT Jakarta merupakan proyek Pemprov DKI Jakarta. Adapun kontraktor proyek ini adalah PT Jakarta Propertindo sedangkan operatornya adalah PT LRT Jakarta. Menurut rencana, LRT Jakarta akan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB. Adapun tarif tiket yang dikenakan sebesar Rp 5.000 per penumpang.

 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Widita Fembrian