• News

  • Megapolitan

Di AS Gubernur Anies jadi Pembicara di Forum USINDO

Di AS Gubernur Anies jadi Pembicara di Forum USINDO
Jakarta Kita
Di AS Gubernur Anies jadi Pembicara di Forum USINDO

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setelah melakukan lawatan ke Medelline, Kolombia pada 9 Juli, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan Kunjungannya ke Washington D.C, Amerika Serikat (AS).

Kunjungan ke negeri Paman Sam itu, Anies menghadiri serta menjadi pembicara dalam forum United States–Indonesia Society (USINDO).

"Di Washington, Gubernur diundang untuk menjelaskan isu terkini yang ada di Jakarta dan juga Indonesia," demikian siaran pers yang diterima dari anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Jumat (12/7/2019).

Adapun beberapa isu yang akan Anies bahas dalam forum tersebut, antara lain masalah ekonomi, perkotaan, sosial dan pembangunan infrastruktur kota yang mencakup lingkungan hidup, transportasi, smart city, ekonomi digital, enterpreneursip, dan pendidikan.

USINDO merupakan satu-satunya organisasi nonpemerintah yang secara eksklusif didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman Amerika Serikat tentang Indonesia, pengertian Indonesia tentang Amerika Serikat, dan memperkuat hubungan di antara kedua negara dan penduduknya.

Sebelum menjabat sebagai gubernur, Anies juga pernah menjadi pembicara di forum panel di Washinton yang diselenggarakan oleh USINDO. Seperti pada tahun 2001 atau saat masih berstatus sebagai mahasiswa S3 di Illinois, Anies diundang menjadi pembicara di forum itu.

Kabar Anies melanjutkan kunjungan luar negerinya ke Amerika, pertama kali disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Saefullah. Ia menyampaikan hal itu saat memberi sambutan dalam acara Abang None Jakarta. "Pak Anies titip salam untuk finalis, beliau sedang di Kolombia dan akan lanjut ke Amerika hingga tanggal 18 Juli," ujar Saefullah.

Sepanjang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies telah terbang ke beberapa negara, seperti misalnya ke Jepang pada Mei 2019 untuk menjadi pembicara dalam pertemuan Urban Mayor Summit di Tokyo. Pada bulan yang sama, ia juga terbang ke Singapura dan menjadi pembicara tentang Perencanaan Pembangunan Kota. Lalu pada bulan November 2018, ia juga terbang ke Buenos Aires, Argentina.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?