• News

  • Megapolitan

Pemprov DKI Perpanjang Bantuan Bagi Pencari Suaka

Imigran di tempat penampungan di Kalideres, Jakarta Utara.
gooto.com
Imigran di tempat penampungan di Kalideres, Jakarta Utara.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selama sepekan Pemprov DKI menyalurkan bantuan terhadap imigran pencari suaka asal Timur Tengah. Bantuan yang direncanakan hanya diberikan selama satu pekan, akan kembali diperpanjang hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Hari ini masih tetap kita berikan suplai logistiknya. Sekarang kita tidak bisa berikan batas waktu mau tujuh hari, mau berapa hari, belum," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah, Kamis, (18/7/2019).

Bantuan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta berupa tempat penampungan, makanan, fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), dan bantuan logistik lainnya.

Saat ini, kata Irmansyah, jumlah pencari suaka yang tinggal di tempat penampungan tersebut kini mencapai 1.400 orang. Namun, jumlah tersebut kemungkinan berkurang karena sejumlah pengungsi meninggalkan tempat penampungan itu.

Dirinya menyampaikan, para pencari suaka itu berasal dari 12 negara. Ada yang berasal dari Somalia, Afghanistan, hingga Tiongkok. Meski demikian, Irmansyah menyebut asal negara pencari suaka itu harus diverifikasi kembali.

"Kita harus crosscheck lagi, kan di sana ada 12 (negara), termasuk China. China kita lihat yang mana, enggak ketemu, cuma satu orang," tuturnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P