• News

  • Megapolitan

Gubernur Anies Tandatangani Kepgub DKI No 1107/2019 Tentang Kegiatan Strategis Daerah

 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Brilio
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meneken Keputusan Gubernur DKI Jakarta nomor 1107 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur Nomor 1042 tahun 2018 tentang Daftar Kegiatan Strategis Daerah.

Keputusan itu dikeluarkan Anies per tanggal 8 Juli tahun 2019. Di dalamnya memuat sebanyak 73 kegiatan strategis, salah satunya adalah tentang reklamasi.

Pada poin nomor 53 tertulis bahwa DKI menjadikan pengelolaan kawasan pesisir teluk Jakarta sebagai salah satu kegiatan strategis.

"Pengelolaan kawasan pesisir teluk Jakarta melalui penyusunan kebijakan dan agenda rehabilitasi ekosistem pesisir Jakarta termasuk audit lingkungan pulau reklamasi," bunyi poin tersebut.

Dari pemberitaan sebelumnya, proyek reklamasi sempat kisruh kembali karena Anies mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sekitar 1.100 bangunan di atas pulau reklamasi yang sudah terbentuk.

Dalam pembelaannya, Anies mengatakan DKI sebagai pemerintah harus memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. IMB disebut sebagai kepastian hukum agar masyarakat tetap percaya kepada pemerintah.

Selain itu, ada abrasi pantai di sekitar Banten akibat pengerukan pasir yang digunakan untuk pulau reklamasi; banjir di Jakarta karena pulau-pulau reklamasi akan menahan aliran 13 sungai yang bermuara di Teluk Jakarta; serta limbah rumah tangga jika pulau reklamasi itu ditempati secara massal.

Di samping reklamasi, Anies menempatkan pula pengendalian pencemaran udara sebagai salah satu kegiatan prioritas.

Anies juga memasukkan program Stadion Olahraga Taraf Internasional atau yang dikenal dengan Jakarta International Stadium alias Stadion BMW. Stadion ini merupakan salah satu janji politik Anies saat mengikuti Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani