• News

  • Megapolitan

Wagub Kosong Terlalu Lama, Ketua Fraksi Demokrat Minta Rapimgab Segera Digelar

Anggota Panitia Khusus Pemilihan Wagub DKI Taufiqurrahman
foto: indopolitika.com
Anggota Panitia Khusus Pemilihan Wagub DKI Taufiqurrahman

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Panitia Khusus Pemilihan Wagub DKI Taufiqurrahman pun mendesak para pimpinan DPRD DKI Jakarta segera mengagendakan Rapimgab agar rapat paripurna dapat segera dilaksanakan.

"Kita minta agar rapat paripurna dapat segera dilaksanakan," kata Taufiqurrahman, Selasa (23/7/2019).

Ketua Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta ini juga menerangkan, tatib yang dibuat oleh pansus pun juga telah rampung pekan lalu. Apalagi posisi wagub ucapnya sudah kosong terlalu lama, padahal fungsinya dalam roda pemerintah sangat penting.

Diketahui, rapimgab memang seharusnya dilakukan pekan lalu. Namun, selama tiga kali dijadwalkan, para pimpinan DPRD DKI Jakarta tak bisa hadir dengan alasan kesibukan yang tak bisa ditunda

Menurutnya, peran yang diemban oleh wagub terangnya adalah menjalankan tugas seremonial dan menggantikan gubernur pada kesempatan tertentu.

Bukan hanya itu, wagub juga memiliki sejumlah tugas khusus sebagaimana mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Seperti yang kita tahu bahwa tugas wakil gubernur itu ada yang berkaitan dengan hal-hal khusus, seperti memimpin tim antinarkotika di daerah, menindaklanjuti laporan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), serta mengawasi kinerja pemerintah daerah. Hal-hal seperti ini bukan hal yang sederhana yang bisa dibiarkan terlalu lama tanpa penanggungjawabnya," tegas Taufiqurrahman.

Fungsi pengawasan menjadi salah satu tugas wakil gubernur yang perlu digarisbawahi. Dalam Pasal 66 UU 23/2014 disebutkan bahwa wakil gubernur perlu memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan perangkat daerah.

Selain itu, wagub juga berkewajiban memberi saran dan pertimbangan kepada gubernur terkait pelaksanaan pemerintahan daerah.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Taat Ujianto