• News

  • Megapolitan

TransJakarta Mangkrak, DPRD DKI Minta Pemprov DKI Proaktif Lakukan Penagihan Uang Muka

 TransJakarta Mangkrak.
Jakarta Kita
TransJakarta Mangkrak.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta akan menindaklanjuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait persoalan bus Transjakarta atau busway. Saat ini pemerintah tengah melengkapi seluruh berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pengembalian uang muka.

Upaya penagihan uang muka dilakukan dengan kesepakatan bersama. Dalam aturan utang piutang, apabila perusahaan pailit ada upaya untuk beracara. Karena, kondisi perusahaan yang pailit ada kurator.

Anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menegaskan, perusahaan pailit diputuskan oleh pengadilan. Pemprov DKI harus proaktif lagi melakukan penagihan kepada pihak ketiga.

"Kan sudah putusan pengadilan, maka harus ditindaklanjuti," kata Gembong di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Gembong menilai tripartit BPK, Inspektorat DKI, dan Dishub Jakarta masih belum optimal menyelesaikan kasus ini. Seharusnya, setiap ada tripartit semua harus merumuskan langkah-langkah yang tepat.

Lambannya penanganan kasus ini, disinyalir karena kerapnya pergantian pimpinan di dinas terkait. Sejak kasus ini bergulir sedikitnya Dishub sudah melakukan pergantian pimpinan sebanyak tiga kali.

"Ketika kasus ini muncul, pimpinan baru enggan menyelesaikan kasus ini. Harusnya Inspektorat lebih aktif mendorong penyelesaian kasus ini. Kan dia motornya," ujarnya.

Dewan ingin penanganan kasus ini segera selesai. Jangan lagi rekomendasi menjadi dalih tarik ulur penyelesaian penanganan kasus. "Kami akan dalami dan support Dishub untuk mengembalikan uang milik rakyat ini," ucapnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani