• News

  • Megapolitan

Tak Mau Tanggapi Rencana PNS Bekerja di Rumah, Gubernur Anies: Kita Tunggu Dulu

Gubernur Anies belum mau tanggapi soal PNS kerja di rumah.
Jakarta Review
Gubernur Anies belum mau tanggapi soal PNS kerja di rumah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku belum mau menanggapi rencana pemerintah pusat mengenai pegawai negeri sipil (PNS) yang bisa melakukan pekerjaan dari rumah.

Anies mengaku saat ini Pemprov DKI Jakarta akan tetap menunggu hingga adanya penetapan tersangka.

"Tak mau menanggapi dulu. Kita tunggu dulu sampai ada ketentuan. Nanti ketika Kemenpan dan Rebiro sudah membuat keputusannya nanti kita akan mentaati," kata Anies beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negaran dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan Rebiro) telah menetapkan aturan tersebut, ia selaku kepala daerah harus menaati.

Meski harus mematuhi kebijakan pusat, Anies menambahkan, pemerintah daerah bisa menerapkan aturan dengan disesuaikan dengan iklim kerja di daerah. Sebab, setiap daerah memiliki kondisi kerja yang berbeda satu sama lain.

Terkait rencana tersebut, Anies menilai Menteri PAN RB Syafruddin memiliki tujuan yang baik di tiap inovasi yang dilakukan.

"Kita mengapresiasi Menteri PAN RB itu seorang yang sangat inovatif dan beliau banyak terobosan. Sewaktu beliau pegang Asian Games, sukses sekali. Jadi saya percaya terobosan beliau sesuai dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini," ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan dan Rebiro Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendesain sistem kerja PNS di lembaga negara agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup.   

Menurut Wangsa, ke depan PNS akan memiliki fleksibilitas kerja alias bisa kerja dari rumah. Hal tersebut merupakan salah satu indikator birokrasi yang ditetapkan pihaknya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani