• News

  • Megapolitan

Komisi D Sentil Anies untuk Tiru Keindahan Kota Surabaya

Soal keindahan kota, komisi D minta Pemprov DKI tiru Surabaya.
Jakarta Review
Soal keindahan kota, komisi D minta Pemprov DKI tiru Surabaya.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi D DPRD DKI menyoroti kondisi Jalan Kebon Sirih yang gersang. Penambahan tanaman baru untuk menambah keindahan atau estetika kota dirasa perlu dilakukan.

Anggota DPRD DKI Jakarta merasa, dalam memunculkan estetika kota, Pemprov DKI harus meniru Surabaya. Demikian ditegaskan Wakil Ketua Komisi D dari Fraksi PKS, Nasrullah.

"Kebon Sirih masih banyak yang botak. Itu (bunga) diinjek kucing juga rusak. Tanam dong yang bagus," kata Nasrullah saat rapat pembahasan APBDP di Komisi D, Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Hanura Abdul Canter meminta adanya penambahan tanaman untuk beberapa wilayah di DKI kepada Kepala Dinas Kehutanan, Suzi Marsitawati. Dia membandingkan penataan kota di DKI Jakarta dengan Kota Surabaya.

"Jangan sampai, Bu Risma bisa mendatangkan bunga sakura, masa ibu (Suzi) nggak?" ujar Abdul.

Sementara itu Kepala Dinas Pertamanan dan Kehutanan, Suzi Marsitawati meluruskan yang dimaksudkan oleh Abdul. Pohon yang ditanam di Surabaya adalah tabebuya, bukan jenis sakura. Meski keduanya bisa dibilang mirip.

"Bunga sakura nggak cocok (di Jakarta). Mungkin bukan bunga sakura kali. Kelihatannya seperti sakura, tapi itu tabebuya. Tabebuya itu ada ungu, pink, dan kuning, dan di Jakarta itu akan kita lokalisir, yaitu Jakarta Pusat warna tabebuyanya pink, Jakarta Selatan ungu, Jakarta Utara kuning," ucap Suzi.

Suzi menyebut kekhususan wilayah bisa memudahkan masyarakat memilih warna bunga tabebuya. Sehingga, ada ciri khas suatu daerah.

"Iya kita akan tetapkan sehingga setiap wilayah itu mempunyai ciri khas. Jadi kalau mau lihat tabebuya pink, ya adanya di Jakarta Pusat, kalau mau lihat tabebuya ungu, adanya di Jakarta Selatan," kata Suzi.

Suzi mengaku, sudah ada tabebuya yang ditanam di Taman Semanggi. Penanaman dilakukan untuk memperingati HUT ke 74 RI.

"Di Semanggi, di kupingan, kemarin sudah kita tanam secara simbolis, 1 kupingan itu kita tanam 17 kokoloba, 8 dadap kuning, 45 tabebuya. 17 8 45," ucap Suzi.

Suzi mengatakan sudah mengajukan penambahan anggaran untuk pengadaan tanaman di beberapa wilayah di DKI. Anggaran itu masih dibahas di DPRD.

"Untuk di sekitar Sudirman Thamrin, Satrio, Kasablanka, Cikini, Kemang, dan kalau di Sudin, di protokol-protokol wilayah mereka," jelas Suzi.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani