• News

  • Megapolitan

DPRD Pertimbangkan Usulan Wagub DKI Diisi Lebih dari Satu Orang

Ilustrasi DPRD DKI Jakarta
dok.Istimewa
Ilustrasi DPRD DKI Jakarta

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - DPRD DKI Jakarta mempertimbangkan usulan wakil gubernur (Wagub) DKI lebih dari satu orang. Diketahui usulan wagub DKI lebih dari satu orang tersebut disampaikan sejumlah anggota dewan.

Ketua Sementara DPRD DKI Pantas Nainggolan membenarkan adanya sejumlah anggota dewan yang mengusulkan posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta diisi lebih dari satu orang.

Ia mencontohkan ketika era Gubernur Sutiyoso, Jakarta memiliki empat wakil gubernur. Namun, hal itu tak masuk dalam pembahasan tata tertib di DPRD DKI Jakarta.

"Dalam tatib sih gak. Tapi usulan itu muncul karena dalam kenyataannya sampai dengan Sutiyoso, Wagub DKI itu ada empat dan itu didukung oleh otonomi DKI yang ada di tingkat provinsi," jelas Pantas di Gedung DPRD DKI, Selasa (10/9/2019).

Menurut Pantas, munculnya wacana ini untuk menjawab keluhan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal kursi wagub yang kosong.

"Tapi sekali lagi ini hanya sekadar usulan. Jadi prinsipnya kita tidak ingin melanggar aturan. Tetapi kalau ada peluang untuk memperbaiki aturan, ya kenapa tidak," ujar politisi asal PDIP tersebut.

Selain tak dimasukkan dalam tatib, wacana wakil gubernur diisi lebih dari satu orang ini juga belum dibawa ke Kementerian Dalam Negeri. Menurut Pantas, ada kemungkinan usulan itu disampaikan bersamaan dengan tatib.

"Tapi sekali lagi ini hanya sekadar usulan. Jadi prinsipnya kita tidak ingin melanggar aturan. Tetapi kalau ada peluang untuk memperbaiki aturan ya kenapa tidak," tutur Pantas.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya