• News

  • Megapolitan

Anggota DPRD DKI Ini Usulkan Mobil dari Luar Jakarta Hanya Boleh Sampai Perbatasan

Anggota DPRD DKI Jakarta, Jamaluddin
Dokumen NNC/Wahyu Praditya Purnomo
Anggota DPRD DKI Jakarta, Jamaluddin

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota DPRD DKI Jakarta, Jamaluddin memiliki usulan dalam mengatasi kemacetan di ibu kota. Menurut putra asli Betawi ini, penyebab macet di Jakarta didominasi oleh kendaraan pribadi yang berasal dari luar Jakarta.

Untuk itu, dirinya mendorong agar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerapkan larangan kendaraan dari luar daerah masuk ke Jakarta.

"Dari Bekasi, Bogor, Depok atau Tangerang, mereka boleh menggunakan mobil pribadi. Tapi sampai perbatasan, mereka harus memarkirkan kendaraannya di perbatasan. Siapkan ruang parkirnya yang banyak, sehingga saat mau ke dalam kota Jakarta, mereka naik angkutan umum," kata Jamal, Selasa (10/9/2019).

Meski demikian dirinya mengatakan, apa yang diutarakan ini merupakan usulan pribadi sebagai anggota dewan dan bukan mewakili fraksi Golkar DPRD DKI.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan pihaknya memberlakukan aturan tanpa kendaraan dinas untuk seluruh petugas dan pegawai lingkup Dinas Perhubungan setiap pekan di hari Rabu.

"Bentuknya Instruksi Kepala Dinas Perhubungan sebagai dukungan untuk Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara," ujar Syafrin, di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Syafrin menjelaskan tujuh poin dalam instruksi gubernur tersebut, Dinas perhubungan paling banyak mendapatkan peran untuk pengendalian kualitas udara dengan sejumlah tugas pokok dan fungsi diantaranya pembatasan usia kendaraan, perluasan kawasan ganjil-genap, uji emisi kendaraan, pengenaan tarif parkir yang tinggi hingga integrasi kendaraan umum.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli