• News

  • Megapolitan

Gubernur Anies Ungkap Alasan Warga Enggan Menggunakan Transportasi Massal

Gubernur DKI berbincang dengan petugas Transjakarta.
Twitter @aniesbaswedan
Gubernur DKI berbincang dengan petugas Transjakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta terus berupaya menangani tingkat kemacetan di ibu kota. Salah satu upaya yang dilakukan dengan pembatasan jumlah kendaraan berharap agar warga beralih menggunakan transportasi publik.

Meski demikian, upaya yang dilakukan tak semudah yang diharapkan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menilai ada cara pandang keliru dari warga yang membuat enggan menggunakan transportasi massal.

Anies mengatakan masih banyak warga yang menilai transportasi publik belum nyaman untuk digunakan. Menurutnya paradigma tersebut timbul karena pengalaman menggunakan angkutan umum di masa lalu.

"Dari  observasi kita, banyak pengguna kendaraan umum yang sudah lama tidak menggunakan kendaraan umum. Ingatnya kendaraan umum yang tahun-tahun  lama sekali. Sehingga memori mereka tentang kendaraan umum tidak nyaman," kata Anies, Selasa (10/9/2019).

Padahal, imbuh Anies, keadaan saat ini sudah berbeda. Dia menegaskan transportasi publik di Jakarta sudah lebih nyaman. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menandaskan Pemprov DKI akan memperluas jangkauan dan menambah jumlah armada angkutan umum.

"Kita ingin mendorong armada kendaraan umum diperluas, jangkauannya diperluas.  Dengan begitu nanti lebih banyak orang merasakan kendaraan umum," ujar Anies.
   

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P