• News

  • Megapolitan

Tanggapi Wacana Jumlah Wagub Lebih dari Satu, Anies: Semua Harus Sesuai UU

Gubernur DKI Anis BAswda
NNC/Wahyu Praditya Purnomo
Gubernur DKI Anis BAswda

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut bahwa aturan yang mengatur banyaknya wagub DKI Jakarta ada di Undang-Undang dan tidak bisa mengikuti sesuai selera.

Hal tersebut dikatakan Anies menanggapi usulan anggota DPRD DKI Jakarta yang meminta agar posisi wakil gubernur DKI Jakarta diisi lebih dari 1 orang.

"Kalau itu Undang-Undang. Jadi, itu diatur bukan selera gubernur, bukan selera anggota DPRD, tapi itu diatur menggunakan perundang-undangan," kata Anies di Balairung, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/9/2019).

Dikatakan orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu, dirinya bekerja berdasarkan UU. Jadi, jika DPRD mengusulkan demikian maka menurutnya harus disampaikan ke pemerintah pusat.

"Jadi kalau ada aspirasi sampaikan saja ke pemerintah pusat karena itu wewenangnya di Undang-Undang. Jadi saya bekerja berdasarkan Undang-Undang karena itu saya tak berwacana pro dan kontra," ujarnya.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta mengusulkan agar wagub DKI Jakarta lebih dari satu. Ketua DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan menyebut usulan ini tidak dimasukkan dalam rapat tata tertib namun usulan tersebut berasal dari beberapa anggota.

Pantas menyebut bahwa mereka berlandaskan pada Undang-Undang Nomor 34 tahun 1999 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Negara Republik Indonesia Jakarta yang menyebut bahwa gubernur dan wagub dipilih oleh DPRD DKI maka wagub pun lebih dari 1 orang.

Namun aturan tersebut telah dicabut dan digantikan dengan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 dalam Pasal 10 yang berbunyi "Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipimpin oleh satu orang Gubernur dibantu oleh satu orang Wakil Gubernur yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah".

Editor : Irawan.H.P