• News

  • Megapolitan

Transjakarta Diminta Sediakan Feeder ke Kawasan Industri

Bus Transjakarta.
Istimewa
Bus Transjakarta.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) diminta menyediakan bus pengumpang atau feeder ke kawasan industri Pulogadung. Pasalnya, banyak pekerja yang mengaku tidak bisa memanfaatkan kartu pekerja untuk mengurangi biaya hidup mereka di Jakarta.

"Barusan, Fraksi Gerindra menerima audiensi teman-teman buruh di kawasan industri Pulogadung untuk menyampaikan aspirasinya. Salah satu poinnya, mereka menginginkan agar kartu pekerja yang mereka miliki dimaksimalkan pemanfaatannya," kata Anggota DPRD DKI Jakarta, Adi Kurnia Setiawan, di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, ribuan pekerja di kawasan industri Pulogadung tidak bisa memanfaatkan kartu pekerja yang diberikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menaiki bus Transjakarta secara gratis. Sebab, katanya, bus Transjakarta hanya melayani mereka hingga halte PGC, yang jaraknya masih jauh dari tempat mereka bekerja.

"Dari halte terdekat sampai tempat mereka kerja, mereka harus mengeluarkan ongkos lagi untuk naik ojek. Ini sama saja menambah biaya hidup mereka. Lalu optimalisasi kartu pekerja itu dimana," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya akan segera memanggil instansi terkait baik Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta PT Transjakarta agar pemanfaatan kartu pekerja itu bisa dimaksimalkan. Selama ini, katanya, para pekerja hanya bisa memanfaatkan kartu pekerja untuk membeli pangan murah yang diadakan oleh Perumda Pasar Jaya.

"Kalau untuk naik Transjakarta, paling bisa mereka hanya Sabtu-Minggu saat mereka libur. Sisanya, mereka tetap naik kendaraan pribadi. Nah, kalau Transjakarta bisa sampai ke kawasan Industri, mereka bisa beralih dari kendaraan pribadi. Ini bagus untuk mengurangi polusi udara di Jakarta," ujarnya.

Koordinator Forum Buruh Kawasan Industri Pulogadung, Hilman mengaku, jumlah pekerja di kawasan Industri Pulogadung mencapai 26 ribu orang. Menurutnya, pekerja itu seringkali menggunakan kendaraan pribadi ke tempat kerjanya.

"Kalau ada feeder bus Transjakarta itu lebih baik. Minimal, feeder itu bisa melayani pekerja sesuai jadwal masuk dan keluar kantor. Ini kami usulkan untuk mendukung instruksi gubernur terkait penurunan polusi udara di Jakarta," kata Hilman. 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Widita Fembrian