• News

  • Megapolitan

Pemprov DKI Cabut Kasasi Atas Putusan PTUN Terkait Bidaracina

Ilustrasi Sungai Ciliwung
dok.pontas
Ilustrasi Sungai Ciliwung

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta mencabut kasasi terhadap putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memenangkan warga Bidaracina dalam sengketa lahan proyek sodetan Ciliwung.

Demikian ditegaskan Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhanah. Menurutnya, pencabutan dilakukan sekitar akhir Agustus 2019.

"Pencabutannya kita sudah ajukan, ada surat kuasa Pak Gubernur (Anies Baswedan) dan pencabutan kasasinya sudah dilaksanakan," kata Yayan, Kamis (19/9/2019).

Sebelumnya, pada 2016, Pemprov DKI Jakarta mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung terkait putusan PTUN. Kasasi tersebut dilakukan lantaran pengadaan lahan untuk kepentingan umum, Pemprov dapat langsung menempuh upaya hukum kasasi tanpa melalui banding seperti perkara umumnya.

Meski demikian Yayan tak menjelaskan alasan pencabutan kasasi sengketa lahan Bidaracina. Ia mengaku ingin mempercepat proses hukum.

"Ya untuk percepatan saja proses pembangunannya. Selama ini tidak selesai dengan warga. Warga keras dengan pendapatnya sendiri gontok-gontokan. Okelah kita semua mulai dari awal," ujar dia.

Yayan berharap pencabutan kasasi bisa mempercepat proses pembangunan sodetan di Kali Ciliwung hingga Banjir Kanal Timur. Setelah ini, Pemprov DKI Jakarta bakal kembali diskusi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya