• News

  • Megapolitan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemprov DKI Gelar Donor Darah

Ilustrasi donor darah.
npr.org
Ilustrasi donor darah.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang dirayakan setiap tanggal 1 Oktober dengan menggelar kegiatan donor darah di Balai Kota DKI, Selasa (1/10/2019).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir mengatakan, kegiatan donor darah ini diselenggarakan selama dua hari, tepatnya dari 1-2 Oktober 2019 sejak pukul 09.00-12.00.

Donor darah ini sendiri ditargetkan bisa diikuti 125 peserta dengan jumlah 125 kantong darah per hari.

"Peserta donor darah mengisi formulir donor darah. Nanti riwayat kesehatannya akan diperiksa dari tim dokter PMI. Kalau hasil pemeriksaan aman, bisa langsung donor darah," kata Chaidir.

Menurut Chaidir, dalam kegiatan donor darah ini, pihaknya bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP) DKI Jakarta, BPJS Kesehatan dan Bank DKI.

Kegiatan donor darah dilakukan sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 130 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Donor Darah Pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2019.

"Kita kerja sama dengan PPKP tujuannya untuk pemeriksaan kesehatan gratis seperti gula darah, kolestrol dan lemak darah," ujarnya.

Sementara itu, Titi Pratiwi, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Balai Kota DKI mengaku senang dengan kegiatan donor darah yang digelar selama tiga bulan sekali ini.

"Selama tiga bulan sekali saya selalu ikut donor darah. Selain badan sehat, saya juga dapat mendeteksi dini penyakit yang ada di dalam tubuh saya," tandasnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P