• News

  • Megapolitan

Muluskan Anggaran Pembangunan Kampung Akuarium, Gerindra Bakal Lobi Fraksi di DPRD 

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif.
Istimewa
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif menyebut pihaknya akan melobi atau memberi pemahaman kepada seluruh partai politik yang ada di parlemen Kebon Sirih agar menyetujui anggaran rencana pembangunan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara di APBD 2020. 

"Karena kan sebagai partai pengusung punya kewajiban moral dan politik untuk supaya program Pak Anies, salah satunya dengan mengajak fraksi-fraksi lain, meyakinkan gimana pemahamannya sama," kata Syarif, Kamis (10/10/2019).

Terkait pernyataan Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono yang mengatakan anggaran rencana pembangunan kampung aquarium tak sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), menurut Syarif, hal itu salah.

Dijelaskan Syarif, rencana itu sudah tertuang di dalam Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017-2022 terkait penaataan kampung di wilayah Ibu Kota. 

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan landasan pihaknya menolak pembangunan itu lantaran tak sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2030. 

Lebih lanjut Syarif mengatakan, berhasilnya atau tidak Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memimpin Ibu Kota adalah melihat berapa banyak janji yang tertuang di dalam RPJMD, lalu  diimplementasikan. Sehingga, itu membuktikan kalau Anies tak asal ucap janji, melainkan juga melaksanakannya. 

"Karena RPJMD sebagai tolok ukur keberhasilan kepala daerah. Ya rencana itu bagus. Memenuhi janji kampanye," ujarnya. 

Sebagai informasi, Pemprov DKI berencana membangun 142 unit rumah berlapis di kawasan tersebut. Konsep rumah berlapis itu seperti rumah susun. Namun, nantinya rumah itu hanya memiliki empat lantai di setiap towernya. 

Tak hanya itu, Anies pun juga akan menyulap Kampung Akuarium menjadi kawasan wisata budaya dan sejarah. Nantinya kawasan di sana akan masuk ke dalam rangkaian wisata Kota Tua. 

Dalam proses pembangunannya nanti juga akan mengajak para ahli cagar budaya. Hal itu untuk menjaga keaslian benteng peninggalan Belanda yang ada di kawasan tersebut.

 

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Widita Fembrian