• News

  • Megapolitan

Ditargetkan Rampung Minggu Depan, Pimpinan AKD Bakal Dibuat Proporsional

Prasetio Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.
DPRD DKI
Prasetio Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta tengah membahas alat kelengkapan dewan (AKD). Pembahasan AKD ditargetkan rampung dalam pekan depan.

Demikian dikatakan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. Menurutnya, pimpinan AKD akan dibuat proposional sesuai kursi dengan pemilihan dilakukan secara musyawarah.

"Kalau badan anggaran ada ketua Banggar dan Bamus itu saya (secara otomatis). Bapemperda (badan pembentukan peraturan daerah), Badan Kehormatan, dan komisi (dilakukan) musyawarah," kata Prasetio, Selasa (15/10/2019).

Sementara itu Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono mengakatan, jumlah komisi di DPRD DKI Jakarta ada lima. Masing-masing komisi memiliki tiga pimpinan, yaitu ketua, wakil ketua dan sekretaris.

"Ada lima komisi dengan 3 pimpinan ketua, wakil, sekretaris per komisi, ditambah badan ada 4 jadi ada 19 kursi pimpinan," ucap ketua Fraksi Gembong Warsono, kepada wartawan setelah rapat usai. 

Gembong mengatakan setiap fraksi akan mendapat kursi pimpinan. Sehingga, pimpinan AKD tidak hanya dikuasai oleh pemilik kursi terbanyak seperti PDIP atau Gerindra.

"Itu proporsional, kan tadi dibilang koalisi Kebon Sirih, semua kebagian sesuai keringat masing-masing," kata Gembong.

Adapun, alat kelengkapan dewan meliputi badan anggaran, badan musyawarah, badan kehormatan, badan pembentukan peraturan dan daerah serta lima komisi.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Aburahman Suhaimi bahwa pembahasan alat kelengkapan dewan harus dipercepat karena menyangkut pembahasan APBD 2020.

"Harus dipercepat karena APBD 2020 harus diketok November," ujarnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Irawan.H.P