• News

  • Megapolitan

Tingkat Kebisingan Sound System Saat Demonstrasi Akan Dibatasi

Ilustrasi Taman Pandang Istana. (bisnis.com)
Ilustrasi Taman Pandang Istana. (bisnis.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tingkat kebisingan sound system saat menyampaikan pendapat atau berdemonstrasi di Taman Pandang Istana, Gambir, Jakarta Pusat, akan diatur. Untuk itu Pemprov DKI bersama Sekretariat Negara, dan Polri melakukan uji coba tingkat kebisingan itu.

Uji coba ini sendiri dilakukan sebagai tindak lanjut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 232 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum pada Ruang Terbuka.

Menurut keterangan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta DKI Ratiyono, masyarakat yang akan menyampaikan pendapat harus sesuai dengan ketertiban umum. Batas tingkat kebisingan maksimal di angka 105 desibel (dB).

"Jadi kita cek bersama unsur terkait terutama pihak istana untuk melihat seberapa besar kebisingannya di sana," ujarnya, Jumat (7/10/2016).

Nantinya akan diputuskan berapa tingkat kebisingan yang bisa digunakan oleh warga yang menyampaikan pendapatnya. Jika memang nanti melebihi batasan maka petugas akan mengecilkan ke angka yang sudah sesuai ketentuan.

"Jadi tetap bisa sekeras mungkin menyampaikan pendapat, hanya suara dari sound system-nya yang sudah dibatasi demi ketertiban," katanya.

Editor : Y.C Kurniantoro