• News

  • Megapolitan

Sanusi Mengundurkan Diri, Gerindra Cari Pengganti

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman. (Netralnews/Adiel Manafe)
Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman. (Netralnews/Adiel Manafe)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman angkat bicara soal pergantian M Sanusi yang telah mengundurkan diri setelah diringkus dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Soenirman, pergantian Sanusi mengikuti mekanisme yang ada, di mana itu merupakan putusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), setelah mengirim surat tembusan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kan nanti ada surat tembusan KPUD ke menteri dalam negeri, nanti ada SK dari mendagri," kata Soenirman di Kantor Fraksi DPRD Gerindra, Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Namun, kata Soenirman, partai memiliki kewajiban untuk mengirim nama pengganti dan jika mengacu pada aturan, maka penggantinya adalah calon dengan suara terbanyak ke dua di daerah pemilihan (Dapil) yang bersangkutan.

"Kalau kita bicara mekanisme kan pasti ada penggantinya. Penggantinya orang nomor dua di bawah dia. Kebetulan kan nomor duanya pak Syarif. Namun tiap Dapil kan diambilnya dua orang," pungkasnya.

"Di Dapil VI yang terpilihkan Pak Sanusi dan Pak Syarif. Otomatis yang naiknya yang menggantikan Sanusi adalah yang suara terbanyak ketiga, yaitu Dwi Ratna," imbuhnya.

Terkait waktu kapan usulan soal nama pengganti Sanusi, Soenirman mengatakan, dalam waktu dekat Gerindra akan membahas soal pengganti Sanusi.

"Kalau kita usulkan minggu depan, berarti dalam waktu satu bulan ke depan sudah selesai keputusannya," tutupnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (2/4/2016), politikus Gerindra Mohammad Sanusi mengundurkan diri dari partai yang telah menempatkannya duduk sebagai legislator daerah di DKI Jakarta. Surat pengunduran dirinya diterima oleh Majelis Kehormatan Partai Gerindra saat hendak bersidang kasus pelanggaran etik yang diperbuat Sanusi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro