• News

  • Megapolitan

Akan Ada Wisata Kuliner di Sepanjang Jalan Sudirman

Ilutrasi Jalan Jenderal Sudirman. (panoramio)
Ilutrasi Jalan Jenderal Sudirman. (panoramio)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Niat untuk membangun trotoar atau pedestrian yang lebar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga kawasan Senayan kembali ditegaskan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok).

Ahok mengungkapkan, dengan trotoar yang luas, pejalan kaki akan semakin nyaman. Bahkan, pagar di gedung-gedung di sepanjang jalan tersebut akan dibuka. Rencananya, di pedestrian tersebut juga akan dijadikan kawasan wisata kuliner.

“Bikin jadi trotoar yang lebar, duduk-duduk. Jadi orang bisa dagang, bisa jual kayak di Eropa gitu. Jual makanan-minuman kecil di warung-warung yang baik di sepanjang trotoar,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Untuk menerapkan hal tersebut, Jalan Jenderal Sudirman yang saat ini memiliki tujuh lajur, yang terdiri dari empat lajur di jalur cepat dan tiga lajur di jalur lambat. Nantinya, Jalan Jenderal Sudirman hanya akan memiliki empat lajur saja. Proses ini akan dilakukan setelah pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) selesai pada 2018. mendatang.

“Nanti kita akan bikin semua fix empat jalur. Kita mau lebarkan trotoar habis (pembangunan) MRT. Kenapa? Kita bukan mau bicara lebar kecil, kita mau bicara pengen empat mobil konsisten aja empat, jangan dari 7-6, kan macet. Jadi konsisten kalau empat jalur itu, empat aja terus,” jelas Ahok.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan memberlakukan jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) di jalan tersebut untuk mengurangi masalah kemacetan di Jakarta.

Editor : Y.C Kurniantoro