• News

  • Megapolitan

Dinas Pendidikan DKI Ajukan Rp3,5 Miliar untuk KJP Perguruan Tinggi

Kartu Jakarta Pintar (kjp.jakarta.go.id)
Kartu Jakarta Pintar (kjp.jakarta.go.id)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengusulkan anggaran Rp3,5 miliar untuk program Kartu Jakarta Pintar (KJP) tingkat perguruan tinggi pada APBD Perubahan 2016 kepada DPRD DKI Jakarta. Jika hal tersebut disetujui maka pada semester pertama bisa diberikan kepada siswa yang berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kepala Unit Pengelola Teknis Pusat Perencanaan Pengendalian Pembiayaan Pendidikan Personal dan Operasional (UPT P6O) Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, pihaknya sedang mengajukan ke DPRD DKI Jakarta untuk anggaran KJP perguruan tinggi.

"Anggarannya sedang diajukan dalam APBD Perubahan 2016 ini. Kami ajukan sebesar Rp3,5 miliar," kata Nahdiana, Sabtu (14/5/2016).

Menurutnya, anggaran tersebut dialokasikan untuk 3.500 perserta. Dirinya masih menghitung bantuan yang akan diberikan kepada masing-masing peserta yang beruntung mendapatkannya.

Nahdiana menambahkan, jika usulan anggaran dikabulkan maka peserta bisa mendapatkan bantuan mulai semester pertama. Namun jika tidak, akan dimasukkan dalam APBD 2017 mendatang.

Sementara itu, pihaknya belum melakukan pendataan calon penerima KJP perguruan tinggi, UPT P6O masih menyiapkan dokumentasi untuk payung hukumnya.

"Jadi kami belum melakukan pendataan peserta. Meskipun SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sudah mulai berlangsung," ucapnya.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan berbagai dokumentasi mengenai pemberian KJP bagi siswa yang lanjut ke perguruan tinggi, salah satunya yakni Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai payung hukumnya, serta perjanjian kerja sama (PKS) dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi.

"Kami juga sedang menyiapkan Pergub-nya, semuanya paralel. Sekaligus menyiapkan PKS dengan Menristek untuk semua perguruan tinggi negeri," ujarnya.

 

Editor : Y.C Kurniantoro