• News

  • Megapolitan

Ahok: Jangan Paksakan Semua Anak Pakai Kerudung

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Netralnews/Adiel Manafe)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Netralnews/Adiel Manafe)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, sekolah negeri jangan mewajibkan siswinya mengenakan jilbab atau kerudung, sebab memakai jilbab adalah panggilan iman dan tidak bisa dipaksakan kepada anak.

Pernyataan dari pria yang akrab disapa Ahok ini terlontar saat memberi pengarahan kepada 1.700 kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan pejabat struktural eselon III serta IV di lingkungan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Anda mengimani kalau kerudung itu sebagai sesuatu yang bisa meyelamatkam Anda, ya silahkan. Tapi Anda tidak bisa memaksa semua anak pakai kerudung," kata Ahok, Sabtu (4/6/2016).

Menurutnya, aturan sekolah mewajibkan siswinya menggunakan jilbab, membuat banyak siswi yang menganggap memakai jilbab hanya sebagai aturan, sehingga ketika siswi tersebut keluar dari lingkungan sekolah, jilbabnya langsung ditanggalkan.

"(Jilbab) yang dipakainya yang kayak serbet. Malah mungkin lebih bagus serbet di dapur saya. Begitu keluar dari sekolah naik motor bapaknya, langsung dibuka," ungkapnya.

Oleh karena itu, suami Veronica Tan ini mengharapkan peran guru dan orang tua, agar siswi dididik secara baik, sehingga ketika dia memutuskan memakai jilbab, itu karena panggilan iman dan bukan karena takut melanggar aturan.

"Anda ngajarin dia baik-baik sampai nanti dia berpikiran bahwa pakai kerudung inilah bagian dari akhlak saya sebagai seorang muslim, dia akan pakai. Dia akan pakai dengan terhormat. Bukan dia pakai terus pas keluar (sekolah) dia buang. Bukan dia pakai tapi kelakuannya mempermalukan agama," jelas Ahok.

Mantan anggota DPR ini juga mengisahkan pengalamannya, saat dia masih menjabat sebagai orang nomor satu di Belitung Timur.

"Tempat saya itu 93 persen muslim. Tiba-tiba semua guru mewajibkan semua muridnya berkerudung. Padahal kerudung itu kan panggilan iman," ujar Ahok.

Apa yang dilontarkan mengenai larangan tersebut, menurut Ahok, bukan karena dirinya anti terhadap agama Islam. Sebab, baginya jilbab atau kerudung bukan merupakan lambang dari agama Islam.

"Kalau kita mau berdebat, orang Kristen sama Yahudi juga pakai kerudung," ujarnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro