• News

  • Nasional

Lemkapi Anggap Pertemuan Kapolri dan Gubernur Papua Hal Biasa

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan bersama Kapolri.
Lemkapi
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan bersama Kapolri.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pertemuan antara Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dengan Kepala Badan Intelijen Indonesia (BIN) Budi Gunawan dan Gubernur Papua Lukas Enembe belum lama ini menimbulkan sejumlah pertanyaan di berbagai kalangan. 

Terkait pertemuan tersebut, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia ( Lemkapi) Edi Hasibuan menilai hanya hal biasa.

"Pertemuan itu hal yang biasa dalam koordinasi keamanan wilayah Papua," kata Edi di Jakarta, Minggu, (17/9/2017).

Edi mengatakan pertemuan yang juga melibatkan Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw itu lantaran dia dianggap tokoh masyarakat Papua.

Edi menyatakan koordinasi keamanan wilayah itu perlu dilakukan karena konflik antarsuku masih sering terjadi di Papua dan sejumlah kepala daerah terpilih belum dilantik.

"Hal itu tentu menjadi persoalan di wilayah Papua," ujar Edi.

Mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu menambahkan Kapolri dan Kepala BIN kerap mengadakan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah atau gubernur guna membahas keamanan.

Edi meminta sejumlah pihak tidak menilai politis terkait pertemuan Kapolri, Kepala BIN, Kapolda Sumut dan Gubernur Papua tersebut.

Edi menduga muncul pihak yang mendramatisasi dan membawa pertemuan itu kepada persoalan politis.

Editor : Sesmawati
Sumber : Antara