• News

  • Nasional

526 Narapidana Dapat Remisi Hari Raya Nyepi

Ilustrasi Narapidana (saibumi.com)
Ilustrasi Narapidana (saibumi.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Negara memberikan remisi Hari Raya Nyepi untuk 526 narapidana (napi) pemeluk agama Hindu. Bali sebagai wilayah penerima remisi paling banyak yaitu 394 napi. Dari seluruhnya hanya lima napi yang mendapat remisi khusus langsung bebas (RK II).

Kabag Humas Ditjen Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham), Akbar Hadi mengatakan, setelah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) wilayah terbanyak kedua yang menerima remisi yaitu 24 napi.

Remisi berupa pengurangan masa pidana maupun langsung bebas diberikan kepada napi yang telah memenuhi persyaratan dalam peraturan perundang-undangan.

"Penerima remisi khusus adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, diantaranya telah berstatus sebagai narapidana minimal enam bulan pidana penjara, tidak melakukan pelanggaran selama menjalani pidana, serta aktif mengikuti program dan kegiatan pembinaan di lapas/rutan," kata Akbar, di Jakarta, Rabu (9/3/2016).

Dikatakan, penghuni lapas sejauh ini di Indonesia mencapai 180.832 orang yang terdiri dari tahanan berjumlah 57.851 orang dan napi sebanyak 122.981.

Sedangkan kapasitas lapas untuk 118.617 orang. Napi/tahanan dalam perkara narkotika masih mendominasi dengan 60.808 orang.

Reporter : Very Herdiman
Editor : Firman Qusnulyakin