• News

  • Lingkungan

Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Akademisi: Bangsa Sudah Sadar Perubahan Iklim

Pemerintah telah menyadari dampak perubahan iklim.
Pemerintah telah menyadari dampak perubahan iklim.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dosen Senior Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia Dr Mahawan Karuniasa menjabarkan capaian-capaian pemerintah di bidang lingkungan.

Pertama adalah pembentukan satu direktorat jendral khusus yang menangani perubahan iklim yaitu Direktorat Jendral Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI). Kedua, menurut Mahawan, capaian lainnya adalah upaya untuk membangun kesadaran tentang pentingnya pengenadlian perubahan iklim.

Kemudian upaya lain yang telah dilakukan seperti moratorium, pembentukan Badan Restorasi Gambut (BRG), dan upaya terkait penanggulangan kebakaran hutan juga menjadi catatan positif dari pencapaian tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK di bidang lingkungan, menurut Mahawan.

“Saya kira sudah banyak perkembangan, bangsa sudah sadar, para pihak sudah sadar, jadi para kementerian itu sudah mulai memahami tentang pengendalian perubahan iklim,” ujar Mahawan, saat Rembuk Nasional di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Catatan Mahawan, Indonesia sudah memiliki dokumen Rencana Aksi Nasional Pengurangan Gas Rumah Kaca (RANGRK) dan dokumen rencana aksi nasional adaptasi. Kemudian disempurnakan melalui Kesepakatan Paris 2015.

“Jadi Perkembangan sudah banyak, intinya sebenarnya adalah kesadaran dan persiapan instrument –instrumen kebijakan, instrumen-instrumen pemerintah itu yang paling mendasar,” ujar Mahawan.

Senada dengan Mahawan, Rektor Universitas Sumatera Utara Prof DR Runtung Sitepu mengatakan ada capaian pemerintah yang harus diapresiasi terutama di bidang pertanahan. Terutama dengan kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang telah berhasil mendaftarkan 210.000 bidang tanah dan 500 bidang tanah berhasil diretribusi ke masyarakat.

“Saya kira ini menunjukan bahwa BPN ada kemajuan dalam kinerjanya dalam rangka reformasi agraria khususnya tentang pendaftaran tanah ini yang menjadi tugas penting yangs suda digariskan oleh Presiden,” ujar Runtung.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani