• News

  • Lingkungan

Laba-laba yang Sangat Aneh, Hanya Muncul Enam Kali dalam 100 Tahun

Laba-laba aneh ini ternyata spesies Laba-laba Jam Pasir Tiongkok yang langka.
The SUN
Laba-laba aneh ini ternyata spesies Laba-laba Jam Pasir Tiongkok yang langka.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penemuan laba-laba aneh oleh petani di Tiongkok menghebohkan. Merangkum The Sun, Selasa (31/10/2017) seorang petani bernama Li Wenhua menemukan seekor laba-laba berbentuk aneh di ladang jeruk miliknya di Chengdu, Tiongkok barat daya. Laba-laba itu memiliki bentuk seperti cakram aneh di bagian perutnya.

Setelah diperiksa, ternyata laba-laba langka itu dikenal sebagai “Chinese hourglass spider” atau “laba-laba jam pasir Tiongkok”.

Mulanya, Li mengira hanya telah menemukan barang antik di ladangnya. Namun ternyata “barang antik” tersebut mulai bergerak.

Tapi saat diperhatikan, rupanya dia adalah laba-laba langka atau biasa disebut laba-laba jam pasir Tiongkok  yang berharga yang memiliki cakram di perutnya.

Seorang pakar serangga, Zhao Li, mengatakan bahwa laba-laba jam pasir Tiongkok sangat berharga.

“Laba-laba jam pasir Tiongkok memiliki nilai yang sangat tinggi dalam penelitian ilmiah. Ia adalah spesies yang sangat langka di Sichuan,” kata Zhao.

“Saya telah berusaha keras untuk menemukannya, tapi saya tidak berhasil melihatnya.”

Laba-laba langka ini tinggal di bawah tanah. Selama ini, ia hanya menunjukkan dirinya sebanyak enam kali dalam 100 tahun terakhir.

Terakhir, ia menampakan dirinya pada tahun 2000.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Lince Eppang