• News

  • Nasional

Indonesia - Malaysia Kerja Sama Bangun Desa

Ilustrasi kerja sama Indonesia - Malaysia (cfoinnovation.com)
Ilustrasi kerja sama Indonesia - Malaysia (cfoinnovation.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Indonesia dan Malaysia akan bekerja sama demi memberikan kesejahteraan desa-desa di kedua negara tersebut, terutama di daerah perbatasan. Tidak hanya itu, kedua negara ini juga akan bekerja sama di bidang pariwisata, perkebunan, dan pertanian.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan rencana kerja sama tersebut akan segera ditindaklanjuti.

"Kita telah melakukan pertemuan dengan beberapa kementerian di Malaysia, dan pertemuan ini adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam melakukan pembangunan desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi,” ujar Marwan, Kamis (10/3/2016),

Menurutnya, desa adalah lokus dari pembangunan pertanian dan ketahanan pangan dalam negeri. Sehingga perlu adanya penguatan di sektor pertanian, karena telah menjadi tulang punggung utama kawasan perdesaan dalam pencapaian target desa mandiri dan tahan pangan.

“Melalui penguatan sektor pertanian, diharapkan pertumbuhan ekonomi di pedesaan akan semakin meningkat. Sehingga kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat,” ujarnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro